Pengantin Dilarang Lewati Jalur Bawah Pohon Bunut Bolong di Jembrana Bali Ini, Berisiko Tidak Harmonis!

Pengantin Dilarang Lewati Jalur Bawah Pohon Bunut Bolong di Jembrana Bali Ini, Berisiko Tidak Harmonis!

Pohon Bunut Bolong di Jembrana Bali-wonderful.jembranakab.go.id-

radartegal.disway.id – Ada sebuah pohon tua bernama Bunut Bolong yang ada di Jembrana, Bali berusia lebih dari 100 tahun. Pohon ini disebut juga pohon keramat dan menyimpan cerita mistis serta mitos yang diyakini masyarakat setempat.

Pohon Bunut Bolong di Jembrana ini memiliki sejumlah pantangan dan tidak bisa dilewati begitu saja oleh orang-orang. Meski menyimpan kisah mistis, pohon ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Bali bagian barat.

Untuk lebih lengkapnya, simak pembahasan mengenai pohon Bunut Bolong yang berada di Jembrana, Bali berikut ini. Ketahui juga pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika berada di pohon keramat ini.

Mengenal pohon Bunut Bolong di Jembrana, Bali

Pohon ini terletak di Desa Manggisari, kabupaten Jembrana. Daya tarik dari pohon ini adalah adanya sebuah lubang besar alami pada akar-akarnya.

Di bawah akar-akar pohon terdapat jalan yang bisa dilintasi oleh mobil bahkan truk serta bus berbadan besar sekalipun. 

BACA JUGA:8 Desa Terseram di Indonesia, Menelusuri Jejak Kisah Mistis Nomor 7 paling Serem Membuat Merindingkan

Keunikan inilah membuat pohon Bunut Bolong menarik dan dijadikan tempat rekreasi. Selain itu didukung oleh pemandangan alam yang asri, sehingga membuatnya menjadi salah satu objek wisata di kabupaten Jembrana. 

Hal mistis atau magis yang dipercayai masyarakat setempat

Pohon Bunut Bolong di Jembrana ini menyimpan hal mistis yang dipercaya masyarakatnya secara turun-temurun. 

Pohon ini merupakan pohon besar yang dipakaikan kain hitam putih kotak-kotak, sebab masyarakat setempat meyakini ada penunggunya.

Agar penunggu pohon Bunut Bolong tidak mengganggu dan agar warga yang belum pernah ke tempat ini tidak bersikap sembarangan, maka dibangun tempat untuk melakukan persembahyangan. 

Tempat ini juga sekaligus sebagai tanda bahwa pohon Bunut Bolong merupakan tempat keramat, sehingga orang-orang tidak berbuat sembarangan di area sekitarnya. 

Pantangan melewati pohon Bunut Bolong

Sumber: