Kampung Unik Negeri Di Awan Desa Dieng Kulon Banjarnegara, Bangun Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Warga

Kampung Unik Negeri Di Awan Desa Dieng  Kulon Banjarnegara, Bangun Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Warga

Desa Dieng Kulon Banjarnegara-maps.google.com-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Warga Desa Dieng Kulon,  Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara  pada awalnya  hanya mengandalkan perekonomian dari hasil pertanian kentang. Namun kini omzet mencapai jutaan  dari homestay, kerajinan,  makanan khas Dieng.

Kemudian  dari desa wisata warga desa Dieng  Kulon yang tadinya orang biasa    saja sekarang menjadi orang  kaya omzet jutaan rupiah. Itulah kampung unik negeri di awan Desa Dieng  Kulon  yang bangun desa wisata mampu bangkit ekonomi   warga.

Dari kondisi seperti itu kemudian seorang pemuda  bernama Alif Faozy, ketua karang taruna  melakukan inovasi dan gebrakan baru untuk membangkitkan perekonomian warga desanya.

 Salah satu inovasi yang Alif kembangkan dengan membangun desa wisata yang belum optimal. Kunjungan  wisata ke Dieng masih sepi  satu sampai dua mobil pada hari Sabtu dan Miinggu.

Dari  keadaan ekonomi  warga  Desa Dieng Kulon serba sulit muncullah  ide pengembangan wisata  berbasis masyarakat  tahun 2006. Inovasi Alif tampaknya  berhasil terbukti kunjunngan wisata ke   Dieng mengalami lonjakan 260.000 orang    

 Bentuk Kelompok  Sadar   Wisata  Dieng  Pandawa 

Inovasi Alif  tidak sampai  disitu  saja  bahkan  Ia mencoba membuat  klaster pariwisata  di  Dieng. Klaser yang digagas Alif kemudian melakukan bekerjasama  dengan Bappeda Kabupaten Banjarnegara.

Kerjasama Bappeda memiliki  tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.Sampai akhirnya terbentuk Kelompok  Sadar Wisata Dieng  Pandawa  yang dipimpin Alif Faozi. 

Kelompok  Sadar Wisata Dieng  Pandawa  mulai melaksanakan program-program. Salah satunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Desa  Dieng Kulon bertujuan  tingkatkan kunjungan wisata

Kembangkan Makanan dan Kerajinan Khas  Dieng Dijadikan Oleh-oleh

Sesudah Kelompok  Sadar Wisata Dieng  Pandawa   terbentuk gebrakan selanjutnya mengembangkan industri  makanan dan kerajinan  khas  Dieng jadikan oleh-oleh wisatawan.

Usaha  Kecil dan Menengah  salah satunya menjadi  inovasi baru  dalam kembangkan pariwisata. UMK Tri  Sakti merupakan produk dari warga Desa Dieng Kulon yang memproduksi berbagai makanan   dan kerajinan

Bangun Homestay 

Tidak hanya UKM yang memproduksi berbagai produk makanan maupun kerajinan khas  Dieng saja. Tampaknya Kelompok  Sadar Wisata Dieng  Pandawa    juga membuat  kreasi  baru dalam bidang pariwisata, yakni homestay.  Pembangunan  homestay  memenuhi kebutuhan akomodasi  wisatawan menginap di Dieng.

Homestay  juga sebagai  solusi untuk  menarik  wisatawan lebih lama lagi tinggal  di Dieng. Awal mulanya  homestay  hanya  5 buah sekarang berjumlah lebih    dari  200 homestay

 Kampung unik negeri di awan Desa Dieng  Kulon yang dulu hanya  mengandalkan sektor pertanian terutama kentang. Namun berkat   desa wisata yang dipelopori Alif mengantarkan menjadi desa maju dan makmur.

Dahulu mata pencaharian petani, tetapi adanya desa wisata mampu  mengangkat  ekonomi  warga  Desa Dieng  Kulon.  Pendapatan bulanan rata-rata warga  Kampung unik negeri di awan dari homestay Rp  4 juta per homestay.

Pendapatan pelaku usaha UKM  makanan RP 25 juta /UKM.  Kemudian pemandu wisata  Rp 3 juta per orang, Rp 1,5 juta per orag dan kegiatan seni budaya Rp 4 juta per  kelompok. Hal itu menunjukkan bahwa program desa  wisata memang terbukti nyata membawa kemajuan

Kini desa wisata yang sekarang hanya ada 4  pada masa mendatang akan dikembangkan 8 desa wisata.Alasannya  keberadaan desa wisata telah  mampu  meningkatkan perekonomian masyarat menjadi lebih  baik.  

Itulah pembahasan singkat  kampung unik negeri di awan Desa Dieng  Kulon yang dulu hanya  petani kentang sekarang setelah diubah menjadi      desa  wisata makin makmur.*                                                                               

 

 

Sumber: