Mengungkap Sejarah dan Keunikan Slogan Kota Bahari yang Disematkan pada Kota Tegal

Mengungkap Sejarah dan Keunikan Slogan Kota Bahari yang Disematkan pada Kota Tegal

Ilustrasi sejarah dan keunikan Slogan Kota Bahari yang disematkan pada Kota Tegal.-(Foto: Tangkapan Layar/Instagram @mriki_project).-

 

Namun, bukan hanya itu, Kota Tegal pada masa lalu juga memiliki tata letak yang rapi, kebersihan yang terjaga, keindahan alam yang asri, dan tingkat keamanan yang baik. 

 

Oleh karena itu, pada tahun 1980-an, Walikota Tegal saat itu, M. Zakir, mencetuskan Tegal sebagai Kota Bahari, sebuah julukan yang populer hingga saat ini.

 

Ternyata, terdapat makna berharga di balik penamaan slogan Tegal sebagai Kota Bahari. Pemberian slogan tersebut memiliki arti sebagai singkatan dari Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah. 

 

Slogan ini merepresentasikan keunikan dan kelebihan Kota Tegal yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan dan keindahan yang dimilikinya.

 

Bahari, tak hanya bermakna sebagai laut yang luas dan mendalam, tetapi juga menjadi simbol bagi Kota Tegal sebagai kota yang menjunjung tinggi kebersihan, keamanan, keindahan alam yang hijau, tata kota yang rapi, serta keasrian lingkungannya.

 

Bersih, menjadi ciri khas Kota Tegal dengan upaya menjaga kebersihan kota dan lingkungan. Aman, mencerminkan suasana yang aman dan nyaman bagi penduduk dan pengunjung kota ini. 

 

Hijau, menggambarkan keindahan alam dan kelestarian lingkungan yang dimiliki oleh Kota Tegal. 

 

Sumber: