Kirab Toe Pek Kong dan Dewa dari Berbagai Daerah Siap Digelar di Kota Tegal, Ini Jadwalnya

Kirab Toe Pek Kong dan Dewa dari Berbagai Daerah Siap Digelar di Kota Tegal, Ini Jadwalnya

BARONGSAI- Atraksi barongsai menjadi salah satu hal yang kerap ditunggu-tunggu saat kirab Toe Pek Kong.-Istimewa-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kirab Toe Pek Kong dan Dewa dari berbagai daerah siap digelar di Kota Tegal, Minggu, 16 Juli 2023. Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian peringatan Sejit Kongco atau Ulang Tahun Ceng Gwan Cin Kun. 

Menurut Rohaniawan Chen Li Wei, Juli 2023 ini adalah bulan perayaan ulang tahun dari dewa atau Kongco Ceng Gwan Cin Kun. Dewa tersebut bukanlah tuan rumah Klentheng Tek Hay Kiong.

Melainkan bagian dari 3 Dewa Utama yang menjadi kepercayaan umat Tionghoa.

“Beliau merupakan dewa pelindung utama masyarakat distrik Tong’an dan Changtai Provinsi Fujian di Tiongkok,”ujarnya.

Chen Li Wei mengungkapkan, di Indonesia terdapat dua altar Kongco Ceng Gwan Cin Kun yakni di Jakarta dan Tegal. Untuk di Kota Tegal, mayoritas pendiri kelentheng berasal dari 3 daerah tersebut, sehingga secara rutin menggelar perayaan Sejit atau ulang tahun.

“Mayoritas pendiri Kelentheng Tek Hay Kiong Tegal berasal dari daerah tersebut. Karenanya, kita menggelar perayaan ulang tahun atau Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun,”ujarnya.

BACA JUGA:Sudah Ada Sejak 1861, Gamelan Berusia Satu Abad Dipentaskan di Kota Tegal

Selain Kirab Dewa Toa Pek Kong, perayaan Sejit Kongco Kelentheng Tek Hay Kiong Tegal kali ini ada yang spesial. Yakni, adanya pementasan gamelan Kyai Naga Mulya.

Chen Li Wei mengungkapkan, gamelan tersebut sudah berusia ratusan tahun karena sudah ada sejak 1861 lalu. Gamelan Pusaka itu akan tampil setelah mendapatkan persetujuan para Dewa, setelah terakhir pentas pada 2017 lalu. 

Mengutip dari Radartegal.com, Toa Pek Kong sendiri menurut kepercayaan Tionghoa merupakan Dewa Kemakmuran. Biasanya, masyarakat Tionghoa di Kota Tegal akan melakukan kirab Dewa tersebut setelah perayaan Imlek dan Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun yang akan berlangsung kali ini.

Selain kirab para dewa itu, panitia juga menggelar rangkaian kegiatan lainnya yang sudah dan akan mereka laksanakan. Agenda terdekat, mereka akan menerima kedatangan Kimsin dan Festival Kuliner yang akan berlangsung 13 sampai 16 Juli 2023 mendatang.

Perayaan Sejit Kongco Ceng Gwan Cin Kun memang secara rutin Kelentheng Tek Hay Kiong Kota Tegal gelar setiap tahun. Termasuk kirab Toa Pek Kong tersebut. ***

Sumber: radartegal.com