Bukan Cuma Tilang, Personel Polres Brebes Juga Bagi Cokelat ke Anak-anak

Bukan Cuma Tilang, Personel Polres Brebes Juga Bagi Cokelat ke Anak-anak

LALU LINTAS - Kasatlantas Polres Brebes saat memberikan informasi kepada salah seorang pengendara dalam mematuhi lalu lintas. -Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi, Polres Brebes menekan anggotanya untuk tidak melakukan tindakan arogansi maupun melakukan pungli. Karenanya jangan heran jika personel Polres Brebes tidak hanya menilang pelanggar. Mereka juga membagikan cokelat ke anak-anak yang memakai helm. 

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto, dalam Operasi Patuh Candi 2023, hari kedua di Pos Lantas Gedung Nasional, Brebes, Selasa 11 Juli 2023 mengatakan jika anggotanya harus mengutamakan keselamatan dan keamanan. Menegakkan hukum dengan humanis dan melaksanakan operasi dengan baik.

“Utamakan faktor keselamatan dan keamanan, termasuk untuk memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang ada,” tegasnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada pengguna kendaraan untuk selalu tertib berlalu lintas dengan melengkapi surat berkendara dan kelengkapan kendaraan.

“Dan kami berharap, masyarakat patuh berlalu lintas tidak hanya pada saat ada operasi saja, melainkan bisa seterusnya saat akan berkendara,” tandasnya.

BACA JUGA:Gelar Operasi Selama Dua Pekan, Polisi Sasar Pelanggaran yang Kasat Mata

Selama 14 hari ke depan, mulai dari Senin 10 Juli 2023 hingga Minggu 23 Juli mendatang digelar Operasi Patuh Candi 2023. Di hari pertama Operasi Patuh Candi, jajaran Satlantas Polres Brebes, melakukan penindakan terhadap 50 kendaraan yang melakukan pelanggaran di jalan raya.

“Hari pertama, pada Senin kemarin, kita melakukan penindakan 50 kendaraan pelanggar lalu lintas secara kasat mata,” ungkapnya.

Meski sudah ada sosialisasi, di hari kedua Operasi Patuh Candi 2023, masih terdapat sejumlah pelanggaran. Seperti plat nomor kendaraan yang masa berlakunya habis, knalpot yang tidak sesuai standar. Serta kendaraan bak terbuka yang mengangkut barang bawaan di atas muatan (overload).

“Kita lakukan dengan cara persuasif, cara edukasi dan humanis. Kita juga melakukan penindakan terhadap kendaraan yang melakukan pelanggaran,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan operasi candi kali ini, pihaknya akan menggelarnya di sejumlah titik. Yakni di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Brebes yang rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan.

“Tentunya secara bergantian, khususnya di titik rawan pelanggaran lalu lintas dan rawan terjadinya kecelakaan,” ucapnya. ***

Sumber: