Dinkes Minta IBI Pemalang Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Dinkes Minta IBI Pemalang Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Salah satu tumpeng yang ditampilkan dalam lomba membuat tumpeng HUT IBI di Pendapa Disparpora Pemalang.-M Ridwan-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten PEMALANG diharapkan dapat tetap membantu dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Demikian ditegaskan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang Wiji Mulyanti saat memberikan sambutan pada acara lomba membuat tumpeng di Pendapa Disparpora Kabupaten Pemalang, Minggu 9 Juli 2023.

Wiji menyampaikan, sesuai tupoksinya, IBI diharapkan masih tetap satu langkah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 

Sebab tugas para bidan sangat luar biasa. Karena disamping dapat meningkatkan kesehatan, keselamatan masyarakat Kabupaten Pemalang dalam rangka pembangunan kesehatan yang berkesinambungan. 

BACA JUGA:Keuangan Pemalang Minim, Komis B DPRD Minta Pemkab Siasati Pembangunan Jalan

Bidan juga harus membantu dalam pelayanan kesehatan yang terkait dengan penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita.

”Kalau dalam rangka penanganan stunting ada tim pendamping keluarga dan bidan desa dilibatkan dalam tim keluarga bersama dengan Kader TP PKK serta gabungan organisasi Wanita ,” jelasnya.

Wiji menyampaikan, dalam penanganan stunting, bidan tidak bisa bekerja sendiri. Tapi harus bekerja sama dengan seluruh instansi dan komponen masyarakat. 

Ada 2 intervensi stunting yaitu intervensi spesifik dan intervensi sensitif. 

BACA JUGA:Cuma 2 Km dari Alun Alun, Taman Gumelem Wisata Gratis Baru yang Viral di Pemalang

"Bidan adalah intervensi spesifik yaitu di kesehatan, dalam rangkanya 30 persen untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Pemalang," kata Wiji. *

Sumber: