Dianggap Sebagai Kunci Pulau Jawa, Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Gunung Slamet

Dianggap Sebagai Kunci Pulau Jawa, Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Gunung Slamet

Menjadi Kunci Pulau Jawa, Berikut Fakta Menarik Tentang Pulau Jawa-sindonews.com-

Tegal, radartegal.disway.id - Dianggap sebagai kunci pulau Jawa, mari kita membahas 5 fakta menarik terkait Gunung Slamet.

Gunug Slamet menjadi gung berapi aktif yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang ketinggiannya mencapai 3.428 meter diatas permukaan laut. Lokasi dari gunung ini sendiri berletak di antara 5 Kabupaten yakni, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang.

Suhu yang dimiliki Gunung Slamet rata-rata paling dingin di Provinsi Jawa, sedangkan curah hujan tahunan tertinggi di Indonesia yaitu 8.134,00 milimeter pertahun. Sampai saat ini gunung ini masih menunjukan keberadaannya yang masih mengusung gelar gunung beraktif di Indonesia.

BACA JUGA:MANTAP! Kejar Akreditasi, RSUD Kesesi Pekalongan Tambah 15 Tenaga Medis

Fyi aja nih, pada Agustus tahun 2019, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikan status yang bermula status level 1 normal menjadi status level 2 waspada.

Kemudian bagaimana dengan 5 fakta menarik dari Gunung yang menjadi kunci pulau jawa ini. Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui fakta menariknya.

5 Fakta Menarik Dari Gunung Slamet

1. Belum Ada Kasus Meletus

Gunung yang menjadi kunci pulau jawa ini, tercatat belum memiliki kasus letusan yang besar. Sedangkan yang terjadi pada tahun 1932, 1953, 1969, dan 2009 merupakan letusan kecil yang berupa semburan material abu dan lava yang tidak terlalu berbahaya.

2. Kunci Pulau Jawa

Kalangan masyarakat pulau jawa percaya bahwa Gunung Slamet merupakan kunci dari pulau jawa, karena letaknya yang tepat berada di tengah Pulau Jawa. Jika terjadi sebuah letusan yang besar, maka Pulau Jawa akan terbelah, menjadikannya berpisah antara bagian barat dan timur.

3. Merupakan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Ketinggian yang mencapai 3.432 meter diatas permukaan laut, menjadikan gunung ini yang tertinggi di Jawa Tengah. Adapun beberapa gung di Jawa Tengah seperti Gunung Merapi yang memiliki tinggi 2.910 di atas permukaan laut dan Gunung Merbabu yang memiliki tinggi ketinggian 3.145 di atas permukaan laut.

4. Menjadi Mitos di Masyarakat

Sumber: sindonews.com