Pemugaran Musala Al Falah Pegirikan Tegal Menjadi Masjid 2 Lantai Butuh Anggaran 1,5 Miliar

Pemugaran Musala Al Falah Pegirikan Tegal Menjadi Masjid 2 Lantai Butuh Anggaran 1,5 Miliar

Bangunan Musala Al Falah Pegirikan Tegal yang positif dipugar menjadi masjid tahun ini.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Rencana pemugaran total Musala Al Falah Desa Pegirikan Kecamatan Talang Kabupaten Tegal dengan menambah perluasan dan beralih fungsi menjadi masjid akhirnya terwujud. 

Acara diawali dengan menggelar tasyakuran mengadakan manaqib dan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama Kecatan Talang Kiai Satori Ali dan beberapa ustad Desa Pegirikan sebagai tanda dimulai atau buka kaki pembangunan Masjid Al Falah.

Ketua umum panitia pembangunan Masjid Al Falah yang sekaligus menjabat Ketua Yayasan Al Falah Sugiyono SH menyampaikan bahwa pemugaran total musala menjadi masjid Al Falah ini merupakan wujud semangat dan tekad bersama dari warga Pegirikan. 

"Berturut-turut sesuai program kemaslahatan lingkungan diawali pada tahun 2020 telah membebaskan tanah 2 lokasi, yakni 1 lokasi yang saat ini sudah dibangun Rumah Tahfidz Quran, dan 1 lokasi akan dibangun masjid," katanya.

BACA JUGA:MENEGANGKAN! Detik-detik Puting Beliung Sapu Rumah Warga Dermasuci Tegal

"Dilanjutkan pada tahun 2021 mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Al Falah Pegirikan Tengah bergerak dalam bidang pendidikan Islam, kemasjidan dan lingkungan. Pada awal tahun 2022 mulai dilakukan pembangunan Gedung RTQ lantai 2 dan sebelum akhir tahun 2022 selesai pembangunannya dengan biaya mencapai Rp1 milyar dan sudah bisa digunakan untuk pembelajaran dengan jumlah santri saat ini mencapai 80 anak," tambahnya Senin 3 Juli 2023.

Terpisah ulama Desa Pegirikan Kiai Satori Ali menjelaskan bahwa Musala Al Falah ini berdiri di era tahun 1930-an. 

"Pernah berkali-kali direhab yaitu pada tahun 1980, direhab lagi 1997 dan terakhir di renovasi pada tahun 2008. Dan karena bangunannya sudah tua maka perlu dilakukan pemugaran total agar bisa lebih nyaman untuk beribadah. Ditambah lagi karena sudah ada tambahan tanah maka sekaligus dialih fungsikan yang semula musala dilakukan perluasan menjadi masjid," cetusnya.

Sementara itu bendahara yayasan Al Falah H. Akhmad Iswandi menambahkan informasi bahwa pembangunan Masjid Al Falah 2 lantai ini sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dana yang dibutuhkan mencapai Rp1,5 miliar.

BACA JUGA:Yakin Gak Mau? Ada 3.574 Janda Baru di Kabupaten Tegal Loh

"Sumbangan dapat berupa material yang bisa dikirim langsung ke alamat Masjid Al Falah Pegirikan Jalan Darusalam RT27 RW07 Pegirikan Talang," ungkapnya. *

Sumber: