Banyak Yang Belum Tahu Alasan Kenapa Dashboard Mobil Dicat Warna Hitam, Cek Fakta Menariknya Disini

Banyak Yang Belum Tahu Alasan Kenapa Dashboard Mobil Dicat Warna Hitam, Cek Fakta Menariknya Disini

Alasan Dashboard Mobil Berwarna Hitam-www.autofun.com-

Tegal, radartegal.disway.id - Bahas Alasan Dashboard mobil dicat warna hitam.

Dashboard mobilPasti banyak dari kalian yang tidak menyadari dahsboard pada mobil dicat warna hitam. Sebenarnya Dashboard mobil dibuat dengan bahan yang memiliki permukaan kasar dan gelap, namun ada alasan logis mengapa Dashboard mobil berwarna hitam.

Umumnya Pabrik pembuatan mobil sengaja mendesain dashboard dengan aksen warna gelap, dikarenakan warna itu memiliki sifat menyerap radiasi kalor yang baik, warna dahboard hitam juga dapat menyerap sinar matahari yang masuk kedalam kabin mobil. Adapun fungsi lain yakni, meminimalisir pantulan dari cahaya lampu mobil yang berpapasan sehingga tidak mengganggu penglihatan supir.

Alasan Dashboard Mobil Dicat Warna Hitam

Dengan dashboard berwana hitam tanpa ditaruh hiasan apapun, dapat membantu supir melihat jalan dengan baik. Pandangan supir yang jelas akan membuat perjalanan yang ditempuh menjadi lebih aman.

Nah buat kalian yang penasaran dengan fungsi dashboard berwarna hitam, kalian bisa meletakan kertas putih kosong di atas dashboard saat berkendara pada malam hari, pasti kertas putih itu akan memantulkan cahaya lampu kendaraan dari arah berlawanan.

Ketika berpapasan dengan kendaraan mobil atau motor dengan lampu putih terang, pantulan cahaya yang diterima kertas akan memancarkan sinar yang kuat sehingga menganggu konsentrasi supir saad berkendara, oleh karena itulah Dashboard mobil tidak didesain berwarna terang, karena bisa memantulkan cahaya dari lampu kendaraan yang berlawanan arah.

BACA JUGA:Padukan Performa Unggul dan Desain Menawan, Suzuki Karimun 2023 Tampil Bergaya Modern

Ini juga berlaku, untuk hiasan pada mobil yang berwarna terang, pantula cahaya yang dihasilkan juga dapat menganggu konsentrasi supir saat berkendara pada malam hari. Denghan ini sebaiknya hindari menaruh hiasan yang berwarna terang pada dashbiard untuk mengurangi resiko kecelakaan.

Alasan Memajang Aksesoris di Dashboard Cukup Berbahaya

Keselamatan selama berkendara adalah hal yang harus menjadi prioritas utama. Dashboard depan mobil seharusnya tetap bersih dan bebas dari barang-barang terutama yang berbahan keras. Penggunaan bantal, boneka, tisu, hiasan bulu, dan benda lainnya di atas dashboard bisa menjadi gangguan pandangan dan membahayakan jika terjadi kecelakaan.

Penting untuk diingat bahwa di dashboard terdapat airbag yang bisa mengembang dengan cepat saat terjadi tabrakan. Jika ada barang-barang di atas dashboard, saat airbag mengembang, barang-barang tersebut bisa terhempas ke arah pengemudi dan penumpang, meningkatkan risiko cedera serius. Airbag depan mengembang dalam waktu singkat, kurang dari setengah detik.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk tidak mengisi dashboard mobil dengan aksesoris yang berlebihan. Hal ini dapat menghalangi pengemudi saat menyetir dan meningkatkan risiko cedera dalam kecelakaan. Keselamatan selama berkendara harus menjadi prioritas utama, jangan sampai keinginan untuk membuat mobil terlihat keren atau nyaman mengorbankan keselamatan diri sendiri dan orang lain. 

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Yamaha RX King 2023 Terbaru, Performa Gahar Dengan Desain Futuristik

Sumber: