Ini Pertolongan Pertama Yang Harus Kamu Lakukan Saat Keracunan Makanan

Ini Pertolongan Pertama Yang Harus Kamu Lakukan Saat Keracunan Makanan

Pertolongan Pertama Saat Keracunan Makanan-www.siloamhospitals.com-

Untuk menghindari risiko tersedak dan gangguan pernapasan, hindari posisi berbaring saat mengalami gejala mual dan muntah yang berlanjut. Sebaliknya, duduklah dalam posisi tegak agar muntah tidak masuk ke saluran pernapasan. Selain itu, saat muntah, pastikan kepala sedikit menunduk agar makanan tidak kembali turun ke tenggorokan yang dapat menyebabkan risiko tersedak.

3. Konsumsi makanan yang benar

Sesuaikan asupan makanan hingga gejala keracunan mereda. Setelah itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak yang mudah dicerna, seperti pisang, madu, bubur, dan kentang. Jauhi minuman beralkohol, kafein, susu, makanan pedas, berminyak, atau makanan dan minuman asam untuk sementara karena dapat memperburuk gejala keracunan.

4. Minum air jahe

Jika terjadi keracunan makanan basi atau makanan tidak higienis, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi air jahe. Air jahe telah terbukti membantu mengurangi gejala seperti mual dan nyeri perut yang timbul akibat keracunan. Selain itu, air rebusan jahe juga memiliki efek menenangkan pada saluran pencernaan sehingga sangat baik untuk penderita gangguan pencernaan lainnya.

5. Jangan meminum obat tanpa resep dokter

Mual dan diare yang disebabkan oleh keracunan makanan adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan racun dari saluran pencernaan. Saat mengalami kondisi ini, sebaiknya hindari meminum obat antidiare tanpa resep dokter karena dapat memperburuk gejala keracunan.

6. Istirahat

Jika gejala keracunan mulai mereda, disarankan untuk tidak terburu-buru dalam melakukan aktivitas. Penderita keracunan makanan sebaiknya beristirahat dengan optimal untuk memberikan waktu pada tubuh agar pulih sepenuhnya.

BACA JUGA:Cara Membuat Masker Susu yang Alami dan Kenali Manfaatnya untuk Kulit Wajah

7. Periksa ke Dokter

Jika gejala yang dialami penderita tidak kunjung membaik, maka segera cari bantuan medis. Dokter perlu segera menangani penderita jika mengalami gejala seperti:

  • muntah berkelanjutan dan kesulitan mengonsumsi makanan serta minuman
  • muntah dengan darah atau BAB berdarah
  • nyeri perut yang parah
  • diare yang tidak berhenti setelah tiga hari
  • gejala dehidrasi seperti mulut kering
  • haus berlebihan
  • nyeri kepala
  • dan kesulitan buang air besar
  • serta gejala neurologi seperti kesemutan
  • kelemahan otot
  • penglihatan kabur.

Pada kasus keracunan yang parah, keracunan makanan bisa menyebabkan penderitanya kejang bahkan bisa membuat sesak napas, jika hal ini terjadi segeralah menghubungu Dokter untuk mendapatkan penangana lebih lanjut.

Demikianlah informasi mengenai Pertolongan pertama saat mengalami keracunan makanan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.***

Sumber: