Belum Punya Jamban, 1.177 KK Miskin Ekstrem di Brebes Segera Dapat Bantuan

Belum Punya Jamban, 1.177 KK Miskin Ekstrem di Brebes Segera Dapat Bantuan

-Dedi Sulastro/Radar Tegal Group-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Belum memiliki jamban, sebanyak 1.177 Kepala Keluarga (KK) miskin ekstrem akan segera mendapatkan bantuan. Mereka merupakan KK miskin ekstrem yang berada di wilayah di Kabupaten Brebes

Bantuan yang diterima sasaran nantinya berupa barang. Nantinya setiap penerima bantuan di Kabupaten Brebes akan mendapatkan bantuan jambanisasi yang siap pakai.

“Insya Allah setiap tahunnya kita akan mengusulkan bantuan bagi warga yang belum memiliki jamban,” ungkap Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim) Brebes Sutrisno melalui Sub Kordinator Perencanaan dan Pengendalian Bidang Kawasan Permukiman dan Pertanahan Edi Gunawan, Senin, 26 Juni 2023.

Edi mengatakan, seribuan KK yang belum memiliki jamban di atas tersebar di 42 desa di 16 kecamatan. Data tersebut sesuai dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di Kabupaten Brebes.

“Sesuai data P3KE, total ada 1,177 KK dari 42 desa di 16 kecamatan di Brebes yang masuk miskin ekstrim belum memiliki jamban,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari data di atas rencananya bakal terealisasi pada tahun ini. Baik itu dari anggaran kabupaten ataupun provinsi.

“Insya Allah dari 1.177 KK yang belum memiliki jamban di desa yang masuk miskin ekstrem tahun ini bakal menerima bantuan jambanisasi,” jelasnya.

BACA JUGA:Layanan Dasar Warga Miskin Ekstrem di Brebes Belum Sepenuhnya Terpenuhi, BPKAD Lakukan Ini

Bantuan tersebut dari Pemkab Brebes sebanyak 749 KK dan sisanya dari pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan CSR.

Edi menambahkan, dari 17 kecamatan yang ada di Brebes, hanya Kecamatan Jatibarang yang tidak terdaftar di 1.177 KK yang belum memiliki jamban sesuai data P3KE. Sisanya, yakni 16 kecamatan ada.

“Dari 16 kecamatan itu, Kecamatan Larangan yang paling banyak penerimanya yakni 290 KK. Kemudian Bantarkawung 245 KK dan Kecamatan Ketanggungan 203 KK,” terangnya. ***

Sumber: