Longsor, Komisi III DPRD Kabupaten Tegal Minta Talut Sungai di Desa Dukuhwaru Dibronjong

Longsor, Komisi III DPRD Kabupaten Tegal Minta Talut Sungai di Desa Dukuhwaru Dibronjong

Anggota DPRD Kabupaten Tegal H Memet Said ST-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

DUKUHWARU, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Talut sungai di Desa Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal longsor. Talut itu harus segera diperbaiki supaya longsor tidak meluas.

"Kami minta agar talut yang longsor itu segera dibronjong," kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tegal Memet Said, Kamis, 15 Juni 2023.

Dia menuturkan, sungai itu biasa disebut oleh masyarakat Desa Dukuhwaru Kali Kebajangan. Kondisi talut sudah sangat parah karena longsor. Sehingga membutuhkan penahan tebing atau bronjong.

"Kalau tidak secepatnya dibronjong, akan menimbulkan sedimentasi. Tentunya aliran air tidak lancar," kata politikus PDI Perjuangan ini.

Memet mengkhawatirkan, jika aliran tidak lancar, maka air akan meluap dan mengakibatkan banjir. Utamanya saat musim hujan. Karenanya, dinas terkait harus segera mengalokasikan anggaran untuk penanganan talut tersebut.

BACA JUGA:Talut Tebing Setinggi 1,5 Meter Longsor Timpa Rumah Warga Winduaji

Memet tak menampik, selama ini pihaknya memang kerap mendapat aduan dari masyarakat ihwal longsornya talut tersebut. Karena selain membahayakan masyarakat, juga mengakibatkan aliran irigasi pertanian tidak lancar.

Menurut sejumlah warga, lanjut Memet, Kali Kebajangan merupakan satu di antaranya saluran pengairan yang mengairi lahan pertanian di Desa Dukuhwaru dan beberapa desa lainnya.

"Kalau irigasi tidak lancar, nanti bisa berimbas pada hasil produksi petani," tandasnya. ***

Sumber: