Cirebon Diguncang Gempa Bumi, Warga Buntet Pesantren: Seperti Dibom!

Cirebon Diguncang Gempa Bumi, Warga Buntet Pesantren: Seperti Dibom!

Pengumuman BMKG-Tangkapan Layar-

CIREBON, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kabar tidak menyenangkan datang dari Cirebon, Jawa Barat. Hari ini, Kamis, 15 Juni 2023 pagi, wilayah tersebut diguncang gempa bumi.

Hal ini membuat warga dan sejumlah santri pondok pesantren di wilayah itu panik. Kepanikan itu disampaikan melalui grup WhatsApp mereka.

Disebutkan, sejumlah warga dan santri Pondok Buntet Pesantren berhamburan keluar dari rumah dan pondok masing-masing. Beberapa orang menuliskan status Whatsapp mengenai peristiwa gempa tersebut. 

Bukan saja bumi yang terasa bergoyang, tetapi mereka juga mendengar suara yang cukup keras. 

"Buntet gempa. Ada suara kaya sesuatu jatuh dari atas," kata Fatmah, warga Buntet Pesantren. Menurutnya, orang-orang di sana juga saling bertanya-tanya mengenai peristiwa yang baru saja mereka alami dan asal suara tersebut. 

Azmie Azlamiyah mengaku seperti 'dibom' saat berjalan mengingat kerasnya suara tersebut. 

"Saya terasa banget. Pas berjalan seperti dibom saking besarnya (suara)," katanya dikutip dari NU Online. 

BACA JUGA:Huntara dan Kelas Darurat Pramuka Jateng untuk Korban Gempa Cianjur Bisa Ditempati Sebelum Puasa

Informasi dari Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi di Kota Cirebon, Jawa Barat pada pukul 06.20 WIB. 

Gempa tersebut berkekuatan 2,9 skala Richter. 

"#Gempa Mag:2.9, 15-Jun-2023 06:20:17WIB, Lok:6.85LS, 108.64BT (18 km Tenggara KOTA-CIREBON-JABAR), Kedlmn:10 Km #BMKG," demikian tulis Twitter @infobmkg pada Kamis, 15 Juni 2023. 

BMKG memberikan catatan bahwa informasi yang disampaikan tersebut mengutamakan kecepatan. 

"Disclaimer: Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," lanjut twit BMKG itu. ***

Sumber: