Tidak Ingin Musibah Bus Kecelakaan di Guci Terulang, Disporapar Siapkan Beberapa Hal

Tidak Ingin Musibah Bus Kecelakaan di Guci Terulang, Disporapar Siapkan Beberapa Hal

--

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Demi mencegah musibah bus kecelakaan di Guci terulang kembali, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal sudah menyiapkan beberapa hal.

Salah satunya menyiapkan beberapa upaya untuk menata ulang area parkir tersebut. Tujuannya agar area Objek Wisata Guci aman dan nyaman.

Kepala  Disporapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni menyatakan, upaya jangka pendek yang sudah dilakukan, yaitu membuat papan imbauan bus dilarang naik melebihi area Pasar Guci. 

Hal itu sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi lagi peristiwa kecelakaan yang melibatkan satu bus terjun ke Sungai Kaliawu di area Objek Wisata Guci.

Selain itu, Disporapar juga menyiapkan perbaikan sarana dan prasarana (sarpras) seperti jalan rusak, lokasi parkir, jembatan dan penerangan jalan. 

BACA JUGA:Ternyata Bekas Longsoran, Lahan Parkir Guci Lokasi Kecelakaan Bus Masuk Jurang Ditutup

Untuk rencana jangka panjangnya, pihaknya ingin mewujudkan ada sub terminal wisata di area Objek Wisata Guci. Pihaknya juga sudah menemukan dua lokasi, yaitu di depan Dukuh Tere ada lahan milik desa dan ada di lokasi Tempe Ireng yang merupakan lahan Pemkab Tegal. 

”Lahannya  seluas 7.000 meter persegi, dan nantinya didesain untuk sub terminal wisata. Ini rencana jangka panjang karena paling tidak membutuhkan anggaran sekitar Rp17 miliar sampai Rp22 miliar, sehingga dilakukan secara bertahap,” terangnya.

"Guci ini sebuah kawasan yang luas, dan saya melihat kondisi pintu retribusi masuk masih belum representatif. Sehingga kami ingin pos retribusi nantinya direlokasi ke tempat yang lebih strategis dan bisa menjangkau kawasan yang lebih luas,” ujarnya dikutip Sabtu, 10 Juni 2023.

Terkait rencana pemindahan pintu retribusi masuk Objek Wisata Guci, Uwes menyebut pihaknya sudah melakukan survei dan menemukan satu lokasi yang dianggap cocok. 

BACA JUGA:Bikin Haru! Sopir Bus Guci Pulang Disambut Orang Sekampung Usai Keluar dari Tahanan Polisi

Yakni di bawah wisata Taman Anggrek. Di lokasi tersebut ada lahan yang datar, sehingga dinilai cocok menjadi lokasi retribusi yang baru.

”Direncanakan pintu retribusi akan dibuat seperti gate otomatis terdiri dari enam pintu masuk. Harapannya hal ini  bisa mengurai kemacetan terutama saat weekend atau hari libur nasional yang biasanya menjadi puncak kunjungan di Guci,” urainya. ***

Sumber: