Jumpa Mantan di Brebes Bikin Urusan NIB Lebih Mudah, Kok Bisa?

Jumpa Mantan di Brebes Bikin Urusan NIB Lebih Mudah, Kok Bisa?

BERI KETERANGAN- Kepala DPMPTSP Kabupaten Brebes Tety Yuliana (kanan) saat memberikan keterangan. -Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kalau punya mantan, momen kembali berjumpa terkadang menjadi sesuatu yang tidak mudah dilupakan. Namun, jangan salah!

Di Brebes, Jumpa Mantan justru semakin memudahkan urusan. Terutama bagi 80 ribu lebih pelaku usaha kecil atau UMKM di Brebes belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Jumpa Mantan ini bukan bermakna sebenarnya. Namun, terobosan baru yang diberi nama Penjemputan Perizinan Berusaha bersama Mahasiswa dan Kecamatan (Jumpa Mantan).

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Brebes melakukan terobosan inovasi percepatan perizinan berusaha tersebut. Penanda launching Jumpa Mantan itu dengan Penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara simbolis kepada pelaku usaha di Brebes.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Brebes Tety Yuliana mengatakan, dalam hal ini pihaknya melibatkan puluhan mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes dalam upaya percepatan penerbitan NIB bagi pelaku UMKM. Selain itu, peningkstan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat juga terus ditingkatkan.

“Kami melibatkan puluhan mahasiswa UMUS dan pelayanan Paten di masing-masing kecamatan untuk pembuatan NIB bagi pelaku usaha mikro. Ini sebagai upaya percepatan agar mereka memiliki legalitas usaha,” ungkapnya.

BACA JUGA:Ini 13 Negara Tujuan Pekerja Migran asal Brebes, Kamu Pilih Mana?

Dia menjelaskan, alasan menggandeng mahasiswa UMUS Brebes karena dianggap paham dengan teknologi. Serta bisa mengoperasikan aplikasi perizinan OSS RBA.

Hasil dari pendataaan yang telah dilakukan, jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Brebes mencapai 80 ribu UMKM yang belum memiliki legalitas usaha sesuai dengan OSS RBA. Sehingga, pihaknya pun melakukan pendampingan dan sosialisasi agar mereka memiliki legalitas usaha.

“Dengan legalitas usaha ini juga bisa untuk mempermudah para pelaku UMKM untuk kebutuhan permodalan. Dan juga, mereka lebih mudah untuk mengakses permodalan di perbankan atau lembaga jasa keuangan lainya,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Brebes Moh Nizwar Alfisyahrin mendukung langkah DPMPTSP Brebes membantu para pelaku usaha dan UMK Perseorangan dengan pengurusan NIB melalui program Jumpa Mantan dengan melibatkan mahasiswa.

“Dengan memiliki NIB, para pelaku usaha dan UMK bisa memperoleh beberapa manfaat lainnya. Yaitu fasilitas pembiayaan dari perbankan, akses lebih mudah untuk pelatihan juga,” ucapnya.

Dia menyebutkan, proses pengurusan NIB saat ini bisa melalui aplikasi OSS Indonesia yang dapat diunduh melalui Google Playstore.

“Jika nanti ada warga yang masih bingung, nanti dibantu adik-adik mahasiswa untuk pengurusan NIB di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Sumber: