Biksu Thudong Jalan Kaki dari Thailand Selama 68 Hari, Ternyata Hanya Makan di Pagi Hari

Biksu Thudong Jalan Kaki dari Thailand Selama 68 Hari, Ternyata Hanya Makan di Pagi Hari

PINDAPATA- Didampingi Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda, para biksu thudong dan lainnya menggelar ritual pindapata di Pecinan, Rabu 31 Mei 2023. -Magelang Ekspres-

Para biksu bermalam di Pusdiklat Catra Jinadhammo di Borobudur, Kabupaten Magelang atau sekitar 4 menit menuju Candi Borobudur Magelang untuk merayakan hari Trisuci Waisak, 4 Juni 2023 nanti.

Kedatangan para biksu thudong asal Thailand, Malaysia, dan Indonesia disambut warga. Ada yang memberikan minuman dan makanan, menampilkan kesenian barongsai atau sekadar mengabadikan kedatangan mereka menggunakan kamera ponsel.

Salah satu pendamping biksu asal Thailand bahkan mengunggah video di TikTok dengan judul "Magelang yang Terbanyak". Video tersebut menampilkan Jalan Alun-alun Timur ketika para biksu thudong hendak menginjakkan kaki di Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang.

Dengan bahasa Thailand, pendamping biksu itu juga menyorot animo warga menyambut kedatangan para biksu.

BACA JUGA:Biksu Thudong Tiba di Kawasan Borobudur, Calon Romo Umat Katolik Ikut Menyambut

Keesokan harinya, mereka kembali berjalan kaki dari Candi Pawon dan tiba di Candi Borobudur pada Kamis, 1 Juni 2023 sore.

Lalu, pada Jumat, 2 Juni 2023 hari ini, mereka berjalan dari Candi Plaosan menuju Candi Sewu, Candi Prambanan, dan juga Candi Kalasan di Yogyakarta.

"Perjalanan dari candi ke candi supaya untuk mempromosikan juga candi-candi di sekitar sana. Jadi orang tidak hanya tau Candi Borobudur, tetapi di daerah Prambanan juga banyak candi peninggalan nenek moyang kita," ucap Wakil Ketua Panitia Waisak Bhikkhu Dhammavuddho Thera pada Rabu, 31 Mei 2023. ***

Sumber: