Kandang Ayam di Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Terpanggang Habis

Kandang Ayam di Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Ratusan Ekor Ayam Terpanggang Habis

PEMADAMAN - Petugas Damkar Kabupaten Tegal saat memadamkan api yang membakar kandang ayam di Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kamis, 1 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

BUMIJAWA, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebuah bangunan kandang ayam seluas sekitar 300 meter persegi meter persegi ludes terbakar, Kamis, 1 Juni sekitar pukul 04.40 WIB. Kandang yang berisi ratusan ayam itu berlokasi di Desa Cawitali Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Sumber dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tegal menyebut, penyebab kebakaran itu disinyalir karena percikan batu bara yang digunakan untuk penghangat ratusan ayam ternak.

"Awalnya dari percikan batu bara. Kemudian api langsung menyebar ke seluruh kandang," kata Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Tegal.

Menurut Kusnadi, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Hanya saja, pemilik kandang mengalami kerugian yang cukup besar karena banyak ayam yang mati terpanggang. 

Ihwal nominal kerugian, pihaknya belum bisa memastikan.

"Untuk kerugiannya, saat ini masih diselidiki oleh pihak terkait. Karena di dalam kandang itu, banyak ayamnya yang mati terbakar," ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran di Kabupaten Tegal Lebih dari 4 Kasus Sebulan, DPRD Minta Warga Waspada

Dia menyebut, berdasarkan pengakuan dari saksi atau penjaga kandang, semula api keluar dari batu bara. Dalam hitungan menit, api langsung menjalar ke seluruh bangunan kandang ayam yang terbuat dari kayu dan bambu.

Kala itu, penjaga kandang sudah berupaya maksimal untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, mereka kewalahan lantaran jilatan si jago merah sangat cepat dan meluluhlantakkan bangunan tersebut.

"Setelah mendapat laporan dari warga, kami langsung datang ke lokasi. Dan api berhasil dipadamkan sekitar jam setengah delapan pagi," imbuhnya. ***

Sumber: