Anak Buah Kapal di Brebes Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ternyata Ini Penyebabnya

Anak Buah Kapal di Brebes Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ternyata Ini Penyebabnya

TES KESEHATAN- Sejumlah nelayan di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba saat menjalani tes kesehatan sebelum melaut, 23 Mei 2023. -Istimewa-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Anak Buah Kapal (ABK) di Brebes menjalani pemeriksaan kesehatan, Rabu, 24 Mei 2023. Pemeriksaan ini tentunya berkaitan dengan kondisi kesehatan ABK sebelum berlayar.

Usut punya usut, pemeriksaan tersebut bukan tanpa sebab. Rupanya hal ini berkaitan dengan adanya salah seorang nelayan yang meninggal saat melaut. 

Yakni warga Desa Grinting Kecamatan Bulakamba Kabupaten Tegal. Saat itu korban tiba tiba terjatuh dan tak sadarkan diri hingga kemudian dinyatakan meninggal dunia. 

Dari latar belakang tersebut, Satpolairud yang paling dekat dengan nelayan ingin memberikan pelayanan terbaik bagi mereka.

Bekerjasama dengan Puskesmas Pembantu Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Satpolairud melakukan pemeriksaan tersebut. Langkah tersebut sebagai antisipasi adanya ABK yang meninggal saat berlayar.

“Jadi puluhan ABK yang hendak melakukan berlayar kami wajibkan melakukan pengecekan kesehatan,” ujar Kasat Polairud Polres Brebes Kompol Sutikno.

BACA JUGA:Jumlah Bacaleg di Brebes Bertambah Jadi 733, Dua Parpol Mengajukan Tambahan

Dia menjelaskan, pemeriksaan tersebut lantaran pihaknya tak ingin lagi mendapatkan adanya laporan ABK yang meninggal di atas kapal saat melaut lantaran sakit yang diderita. Karenanya, pemeriksaan kesehatan pada nelayan sebelum melaut sangat penting lantaran pekerjaan tersebut sangat berisiko.

“Kami ingin semua ABK atau nelayan kondisinya sehat saat melaut. Karenanya, kami kumpulkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” terangnya.

“Kami juga meminta para pemilik kapal untuk mendorong para ABK-nya memeriksakan kesehatan sebelum melaut. Dan program pemeriksaan ini kami beri nama Cek Kesehatan Berlayar (CKB),” lanjutnya.

“Kami harapkan dengan pengecekan kondisi para nelayan sehat dan bugar saat melaut. Sehingga, mereka dapat mencari ikan di laut dan membawa hasil yang maksimal,” pungkasnya. ***

Sumber: