Kemenkes Apresiasi Jateng: 92 Persen Desa-Kelurahan Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

Kemenkes Apresiasi Jateng: 92 Persen Desa-Kelurahan Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan

92 Persen Desa-Kelurahan Telah Bebas dari BABS, Kemenkes apresiasi Jateng.--

BACA JUGA:Gencarkan Operasi Pasar Cara Gubernur Jateng Kendalikan Inflasi saat Ramadan

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan jambanisasi menjadi salah satu program yang juga in line dengan kebijakan untuk penurunan kemiskinan ekstrem. 

“Sekarang datanya cukup terus kemudian kalau anggaran APBD nya sudah ada segera dieksekusi Kalau nggak ya sama seperti penurunan kemiskinan ekstrem karena ini juga kita masukkan di sana. Kami carikan CSR, Baznas, filantrop, bantuan dari siapapun agar kami bisa mempercepat itu,” ujarnya.

Data Dinkes Jateng mencatat, bantuan stimulan jamban telah dibagikan sejak 2015 hingga saat ini, dengan jumlah totalnya 35 ribu paket jamban. 

Per paket bantuan itu, terdiri atas semen, kloset, pipa paralon. Bantuan jambanisasi pada 2022 juga dilakukan, dan sebanyak 7.181 ribu paket jamban gratis untuk warga.

BACA JUGA:Ledakan Petasan di Magelang Satu Orang Meninggal, Ganjar: Jangan Mercon-merconan Dulu

“Kami akan bantu agar masyarakat punya akses jamban, syukur-syukur masing-masing punya sendiri-sendiri dan pengertian akses jamban itu juga kalau ada toilet ya. Ada septiktanknya, bukan dibuang ke kali atau ke kolam, itu tidak masuk kategori, agar kami hidupnya jauh lebih sehat,” tandasnya. *

Sumber: