Sorot Lahan Tidur, Ketua DPRD: Aset Pemkab Tegal Banyak yang Tidak Dimanfaatkan

Sorot Lahan Tidur, Ketua DPRD: Aset Pemkab Tegal Banyak yang Tidak Dimanfaatkan

Ketua DPRD Kabupaten Tegal Moch Faiq saat menjadi narasumber di acara Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Tegal Umi Azizah dan Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, di Rumdin Bupati.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Ketua DPRD Kabupaten Tegal Mochammad Faiq menyoroti sejumlah lahan tidur milik Pemkab Tegal yang tidak dimanfaatkan. 

Padahal, jika lahan itu dimanfaatkan, tentu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Politikus PKB ini menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber di acara Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Tegal Umi Azizah dan Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, di Rumdin Bupati, Minggu malam 8 Januari 2023.

Menurut Faiq, Pemkab Tegal harus bisa meningkatkan PAD. Caranya, memanfaatkan lahan milik Pemkab untuk disewakan ke investor.

BACA JUGA:2 Kelurahan Masih Tergenang Air, Pj Sekda Tinjau Warga Korban Banjir di Kota Tegal

"Aset Pemkab banyak yang tidak dimanfaatkan. Itu sayang sekali. Padahal kalau disewakan ke investor, bisa menambah PAD," ujarnya.

Dia menyarankan, Pemkab Tegal jangan selalu mengandalkan transfer anggaran dari pemerintah pusat maupun provinsi. Misal, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). 

"Kita harus belajar mandiri. Tingkatkan PAD. Kita kan punya tempat wisata dan UMKM yang bisa dimaksimalkan. Jadi jangan bergantung pada pusat," cetusnya.

BACA JUGA:APPSI Kabupaten Tegal Minta Penanganan Sampah Dimaksimalkan

Dia mencontohkan, ada lahan tidur di wilayah Mejasem, Kecamatan Kramat. 

Faiq mengaku sudah pernah menyampaikan ke Bidang Aset agar lahan itu dimanfaatkan. Namun, sampai sekarang lahan tersebut masih mangkrak. 

"Padahal kalau lahan tidur di Kabupaten Tegal disewakan, mungkin bisa menambah PAD antara Rp50 miliar sampai Rp100 miliar per tahun," ungkapnya.

BACA JUGA:Ribetnya Mekanisme Penebusan Diklaim Biang Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Brebes

Dalam kesempatan itu, Faiq juga menilai bahwa kepemimpinan Bupati Tegal Umi Azizah dan Wakil Bupati Sabilillah Ardie selama 4 tahun ini sudah bagus. 

Sumber: