Rawan Meluber, Irigasi Wangandalem Depan Gedung KPT Brebes Dinormalisasi

Rawan Meluber, Irigasi Wangandalem Depan Gedung KPT Brebes Dinormalisasi

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang menurunkan alat berat untuk mengeruk sedimentasi saluran irigasi Wangandalem.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Mengantisipasi terjadinya genangan akibat sedimentasi, saluran irigasi Wangandalem di depan Kantor Pemerintahan Terpadu Kabupaten Brebes dinormalisasi, Rabu 4 Januari 2023, siang. 

Saluran irigasi tersebut rawan meluber dan dikhawatirkan menggenangi ruas jalan, sehingga Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kota Bawang melakukan normalisasi.

Normalisasi saluran irigasi Wangandalem, dilakukan karena pendangkalan parah. Sebab, jalur irigasi tersebut berfungsi menampung air agar bisa lebih maksimal. 

Harapannya, bisa mencegah dan sebagai langkah antisipasi banjir saat memasuki musim hujan seperti sekarang. 

BACA JUGA:Istri Polisi Curhat di TikTok Ngaku Diselingkuhi Suaminya, Kapolres Tegal Kota Bilang Begini

"Normalisasi saluran irigasi Wangandalem, atas kerjasama dengan Balai Pemali Comal. Sebab, lokasi ini terakhir dinormalisasi tiga tahun lalu," ungkap Kepala DPSDATR Abdul Majid.

Pengerjaan normalisasi irigasi Wangandalem, lanjut dia, menggunakan alat berat beckhoe. Targetnya, terus dilakukan hingga tuntas sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Normalisasi saluran irigasi ini bersifat pemeliharaan rutin. Sehingga, tidak ada target selesai kapan tapi yang jelas harus clear menyeluruh.

"Semoga upaya normalisasi ini, bisa memaksimalkan daya tampung dan fungsi irigasi dari hulu ke hilir," katanya.

BACA JUGA:Asah Kemampuan, Kesebelasan SMK Peristek Blusukan Cari Lawan dari Desa ke Desa

Abdul Majid menuturkan, dalam normalisasi saluran irigasi Pemkab Brebes tidak akan bisa bekerja sendiri. Sebab, butuh peran aktif dan keterlibatan masyarakat dalam mengurangi risiko bencana. 

Seperti, tidak membuang sampah sembarangan karena dapat menimbulkan banjir di musim penghujan. 

"Kami juga meminta masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi di saluran irigasi," imbuhnya. *

Sumber: