'Miskin' Wahana, OW Purin Tegal Mampu Sumbang PAD Hingga Rp236 Juta, Pengelola Minta Anggaran Pembenahan

'Miskin' Wahana, OW Purin Tegal Mampu Sumbang PAD Hingga Rp236 Juta, Pengelola Minta Anggaran Pembenahan

Sejumlah pengunjung menikmati Pantai Purwahamba Indah di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, baru-baru ini.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.COM – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Objek Wisata (OW) Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Kabupaten Tegal mengalami peningkatan yang sangat signifikan di tahun 2022. Yakni tembus hingga 218 persen dari target sekitar Rp 108 juta.

Padahal, wahana di kawasan objek wisata tersebut sangat minim. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir tidak pernah ada anggaran penambahan wahana. 

"Termasuk wahana anjungan yang sudah rusak juga tidak dianggarkan lagi. Tapi jumlah pengunjungnya tetap banyak,” kata Kepala UPTD OW Pariwisata Purin, Achmad Abdul Khasib, Rabu 4 Janiari 2023. 

BACA JUGA:Pemuda Desa di Tegal Ciptakan Parfum yang Tak Kalah dengan Produk Impor Bernilai Jual Tinggi

Menurutnya, kendati dermaga atau anjungan yang menjadi ikon OW Purin sudah dibongkar, namun pihaknya tetap berupaya keras mendatangkan para pengunjung. 

Alhasil, PAD Purin mengalami peningkatan. Bahkan, melebihi target hingga mencapai 218,30 persen dari target Rp108.511.900 terealisasi Rp236.886.100. 

“Purin masih menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Kabupaten Tegal dan luar daerah,” ujarnya. 

BACA JUGA:Program Yuh Sekolah Maning Kereeen! 4.424 Anak Putus Sekolah di Kabupaten Tegal Terselamatkan

Khasib sangat menyayangkan potensi itu belum dikembangkan secara maksimal. Sebab, Purin tidak mendapatkan anggaran pembenahan sejak tiga tahun terakhir.

Kondisi itu juga terjadi di tahun 2023, dimana tidak ada anggaran pembenahan Purin. Padahal, pihaknya berharap adanya penambahan fasilitas dan sarana pendukung lainnya. 

“Harapan kami, dermaga dibangun kembali karena itu salah satu icon Purin. Selain itu, ada track untuk lari, mainan anak-anak, perbaikan jalan dan tempat parkir,” harapnya. *

Sumber: