Antisipasi Subsidi Menyimpang, Anggota DPR RI Dorong Warga Brebes Isi BBM Pakai Aplikasi

Antisipasi Subsidi Menyimpang, Anggota DPR RI Dorong Warga Brebes Isi BBM Pakai Aplikasi

Anggota DPR RI Komisi VII Paramitha Widya Kusuma mendorong warga Brebes memanfaatkan aplikasi My Pertamina untuk mengantisipasi penyimpangan subsidi BBM.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.COM - Untuk menjamin subsidi Bahan Bakar Minyak lebih tepat sasaran, ribuan masyarakat di Kabupaten Brebes diajak untuk mendaftarkan kendaraannya. 

Yakni, melalui aplikasi MyPertamina guna mencegah terjadinya antrean. Terutama, saat mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang menyediakan BBM bersubsidi baik solar maupun lainnya.

Ajakan mendaftarkan kendaraan di MyPertamina, disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI Paramitha Widya Kusuma. Edukasi tersebut, disampaikan bersama Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) di Lapangan Asri Bumiayu, Kabupaten Brebes, Minggu 27 November 2022.

"Sosialisasi penggunaan MyPertamina terus digencarkan, karena sangat penting agar subsidi BBM lebih tepat sasaran. Termasuk, tidak memicu antrean panjang saat mengisi BBM di SPBU," ungkapnya.

Paramitha menuturkan, setelah masyarakat mendaftarkan kendaraannya berarti ikut berperan dalam penyaluran subsidi BBM yang tepat sasaran. Menurutnya, dengan menggunakan aplikasi MyPertamina semua kendaraan masyarakat penerima subsidi sudah terdaftar. 

Sehingga, saat masuk ke SPBU bisa mendapatkan pengisian BBM maksimal. Yakni, kendaraan pribadi roda empat nantinya hanya mendapatkan jatah pengisian 40 liter. Kemudian, angkutan umum orang atau barang roda empat yakni 60-80 liter.

"Sehingga dalam sehari, warga yang memiliki kendaraan roda empat hanya dapat membeli sesuai jatah yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Paramitha berharap, PT. Pertamina dan instansi terkait terus menggencarkan sosialisasi secara menyeluruh. Fokusnya, kepada semua pengusaha, pemilik kendaraan di terminal, angkutan penumpang umum, agar dapat segera dilakukan registrasi. 

Setelah terdata, maka nanti akan muncul QR Code dan akan terbaca. Khususnya, saat konsumen membeli BBM jenis apa dan berapa liter yang dibeli dalam satu hari, satu minggu bahkan satu bulan terakhir.

Sumber: