Iklan sukun new

Lansia Pingsan di Pasar Banjaran Tegal, Polisi Gerak Cepat Lakukan Penanganan

Lansia Pingsan di Pasar Banjaran Tegal, Polisi Gerak Cepat Lakukan Penanganan

Anggota Sat Samapta Polres Tegal melakukan pengamanan terhadap lansia yang pingsan di Pasar Banjaran.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.COM - Seorang lanjut usia (Lansia) tiba-tiba pingsan di lingkungan Pasar Banjaran Adiwerna Kabupaten Tegal.

Pria yang diketahu bernama Muksan Musa, berusia 81 tahun, warga Jatirawa RT05 RW02 Kecamatan Tarub itu tergeletak di depan pasar.

Melihat hal tersebut Satuan Samapta Polres Tegal yang sedang patroli mobile, langsung bereaksi cepat melakukan penyelamatan.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafaat SIK melalui Kasat Samapta AKP Surahno SH menyatakan, aksi gerak cepat kemanusiaan itu dilakukan anggotanya pada pukul 12.00 WIB siang.

BACA JUGA:Ini 6 Langkah Selamatkan Diri saat Gempa, Simak, Catat dan Ingat-Ingat Ya Bro!

"Dari patroli mobile yang dilakukan piket Bawas Satsamapta  bersama tiga personelnya mendapati lansia terlihat pingsan di depan areal Pasar Banjaran Adiwerna. Dari hasil identifikasi , lansia tersebut bernama Muksan Musa berusia 81 tahun warga Jatirawa RT05 RW02 Kecamatan Tarub," ujarnya Rabu 23 November 2022. 

Melihat kejadian tersebut, lanjut Surahno, anggota Sat Samapta berupaya menghubungi puskesmas terdekat, dan alternatif terkahir membawa lansia tersebut ke Rumah Sakit Singkil.

Menurutnya, aksi Unit Reaksi Cepat Sat Samapta belakangan ini terus diintensifkan ditengah kegiatan patroli simpatik ke beberapa lokasi di wilayah hukum Polres Tegal. 

"Anggota yang menjalankan tugas Aksi Unit Reaksi Cepat Sat Samapta ini kami dorong untuk mengedepankan aksi humanis di saat melakukan patroli simpatik di wilayah hukum Polres Tegal," ungkapnya. 

BACA JUGA:Cegah Tawuran dan Kenakalan Remaja Lainnya, Satpol PP Kabupaten Tegal Blusukan ke Sekolah

Surahno juga menyatakan bahwa patroli Presisi juga kembali ditingkatkan intensitasnya guna mencegah aksi tindak kejahatan serta hal- hal yang tidak di inginkan.

Kegiatan patroli menggunakan kendaraan dinas tersebut, sebagai upaya untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif. 

"Dalam giat Patroli Presisi ini, anggota Sat Samapta Polres Tegal juga menyambangi beberapa objek vital dan tempat berbelanja masyarakat seperti minimarket maupun toko kelontong, Tak lupa juga anggota Sat Samapta memberikan himbauan-himbauan kamtibmas kepada karyawan maupun pengunjung, agar selalu berhati-hati dan selalu waspada kepada setiap orang yang berbelanja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa saja dan kapan pun bisa terjadi," tegasnya.

Personel Samapta juga berpesan agar melaporkan apabila terjadi gangguan keamanan. 

Sumber: