Iklan sukun new

Pascasarjana UPS Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel llmiah Bereputasi Internasional Scopus

Pascasarjana UPS Gelar Workshop Penulisan dan Publikasi Artikel llmiah Bereputasi Internasional Scopus

--

TEGAL, radartegal.com - Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar workshop penulisan dan publikasi artikel ilmiah diproceding jurnal internasional bereputasi. Workshop itu digelar sebagai upaya peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi karya ilmiah terindex Scopus. 

Kegiatan yang dibuka Direktur Pascasarjana UPS Tegal, Prof Dr Sitti Hartinah DS itu dilaksanakan, Sabtu 19 November 2022 di Aula Fakultas Hukum yang diikuti 100 peserta. Mereka berasal dari 3 program studi (progdi), yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Pedagogi.

Sitti Hartinah mengatakan jurnal internasional terindex Scopus mahasiswa pascasarjana UPS Tegal masih rendah. Pada 2021 lalu misalnya, hanya ada 117 artikel dari 225 mahasiswa 3 progdi.

"Artinya persentasenya masih sangat rendah," Kata Prof Sitti Hartinah.

Ditambahkannya, salah satu indikator pemeringkatan perguruan tinggi, kontribusi terbesarnya adalah dari artikel yang terindex Scopus. Selain itu juga pemeringkatan Sinta, score kontribusi paling besarnya juga dari artikel yang terindex Scopus.

"Sehingga publikasi artikel internasional bagi mahasiswa yang akan ujian tesis sudah tidak bisa di hindari lagi. Selain memberikan kontribusi bagi perguruan tinggi, jurnal internasional ini juga memberikan kontribusi yang tinggi dan memberikan manfaat pada mahasiswa dan dosen pendampingnya.

"Utamanya dalam karir dosen untuk kenaikan jabatan fungsional akademik," tambahnya.

Pada bagian lainnya, Sitti Hartinah mengatakan, untuk menunjang visi pascasarjana pada tahun 2028 menjadi universitas 100 besar nasional,  mahasiswa yang hendak ujian tesis wajib menjalankan profesinya sebagai calon magister.

"Yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan, yang salah satunya dengan menulis karya ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal internasional," ungkap Sitti Hartinah.

Work shop penulisan dan publikasi artikel ilmiah ini menampilkan nara sumber dua dosen pascasarjana UPS Tegal. Keduanya adalah Dr. Purwo Susongko MPd dan Arif Zainuddin SIP MA yang merupakan peneliti dan aktif menulis di jurnal internasional terindex Scopus. (*)

Sumber: