Siagakan MCS di City Walk 'Malioboro' Tegal, BPJS Tegal Dekatkan Pelayanan JKN pada Pesertanya

Siagakan MCS di City Walk 'Malioboro' Tegal, BPJS Tegal Dekatkan Pelayanan JKN pada Pesertanya

--

KOTA TEGAL, radartegal.com - BPJS Kesehatan Cabang Tegal membuka layanan selama Wisata Pelayanan Publik di City Walk Kota Tegal yang dimulai, Selasa 4 Oktober 2022. Even yang digelar Pemkot Tegal di sepanjang Jl. Ahmad Yani Kota Tegal itu, bertujuan untuk semakin mendekatkan diri dengan masyarakat.

Sehingga, memudahkan warga dan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari instansi-instansi pelayan publik ini. Even yang diresmikan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono itu diharapkan dapat memberi warna tersendiri bagi citra pelayanan publik, utamanya di mata masyarakat Kota Tegal. 

“Dengan hadirnya wisata pelayanan publik ini, masyarakat Kota Tegal dapat melakukan beragam keperluan administrasi. Mulai dari persoalan perbankan, kependudukan, paspor, hingga kesehatan dalam satu tempat yang mudah dijangkau yakni di City Walk ini,“ ujar Wali Kota.

Pada wisata pelayanan publik ini ada 8 instansi vertikal, 10 lembaga perbankan, 8 BUMN/BUMD, 1 OPD Pemprov Jateng, BAZNAS, dan 11 OPD di lingkungan Pemkot Tegal. Total instansi yang terlibat ada 39 layanan publik yang berjajar di sepanjang Jl Ahmad Yani.

BPJS Kesehtan Cabang Tegal sebagai bagian dari instansi pemberi layanan publik ikut memberikan pelayanan dari Senin hingga Jumat pukul 12.00-16.00 WIB. BPJS Kesehatan menempatkan armada pelayanan publiknya berupa Mobile Customer Service (MCS) selama event berlangsung.

Penempatan MCS ini dilakukan untuk menjangkau peserta yang ingin mendapatkan informasi seputar pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu, peserta BPJS Kesehatan juga bisa melakukan updating kepesertaannya. 

Salah seorang pengunjung MCS, Susianah (48) mempertanyakan, status kepesertaan JKN yang dimilikinya selama ini. Susianah tidak pernah menggunakan kepesertaan tersebut untuk mendapatkan layanan kesehatan. 

“Saya tidak tahu kartu saya ke mana dan bagaimana cara menggunakannya. Saat saya mendaftar sekeluarga itu dibantu oleh tetangga,“ katanya. 

"Ternyata setelah diperiksa di sini, sudah memiliki tunggakan yang cukup besar. Tetapi saya berharap bisa melunasinya, agar tidak terbebani lagi jika ingin mendapatkan layanan kesehatan," tambah Susianah.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tegal, Guna Setiawan menngungkapkan mayoritas peserta yang datang di hari pertama pembukaan mempertanyakan status kepesertaan JKN yang dimilikinya.

“Tugas kami adalah terus memberi edukasi kepada peserta untuk aware terhadap status kepesertaan dan layanan kesehatan yang dilakukan dengan JKN. Sehingga kehadiran MCS ini diharapkan dapat menjembatani peserta untuk berkonsultasi dengan BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor,“ ujarnya. (*) 

Sumber: