162 Rumah dan 4 Fasilitas Umum di Kabupaten Tegal Rusak Akibat Bencana Angin Kencang

162 Rumah dan 4 Fasilitas Umum di Kabupaten Tegal Rusak Akibat Bencana Angin Kencang

PENANGANAN - Relawan PMI Kabupaten Tegal bersama warga sekitar melakukan penanganan di lokasi kejadian.-Istimewa-radartegal.com

SLAWI, radartegal.com - Seratusan rumah di dua desa di Kabupaten Tegal mengalami kerusakan ringan hingga sedang akibat diterjang angin kencang pada Selasa, 13 September 2022 siang. Sebagian besar kerusakan terjadi pada atap bangunan yang ditiup angin.

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas Sunarto Rabu 14 September 2022 mengatakan, dari hasil assesment yang dilakukan kerusakan melanda rumah warga dan fasilitas umum yang ada di 2 desa. Yakni, Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang dan Penyalahan Kecamatan Jatinegara.

"Dari hasil assesment, ada rumah warga dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Kalau korban jiwa tidak ada," katanya.

Sunarto merinci, di Desa Pagerbarang ada 147 rumah mengalami kerusakan ringan 8 rusak sedang dan fasilitas umum seperti mini market, SDN 1 Pagerbarang, SMA N 1 Pagerbarang dan pasar. Sementara di Desa Penyalahan, 5 rumah rusak berat dan dua rusak sedang.

"Terkait itu, hari ini kita menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak angin kencang itu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah rumah di wilayah Desa Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Itu, menyusul terjangan angin kencang yang melanda wilayah itu pada Selasa 13 September 2022 sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua PMI KabupatenTegal Iman Kusworo melalui Kepala Markas Sunarto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan atau assesment di lokasi kejadian. Itu, untuk mengetahui jumlah serta jenis kerusakan.

"ni kita masih melakukan pendataan di lapangan. Belum diketahui jumlahnya berapa beserta kerugiannya," ujarnya.

Namun, kata Sunarto, dari informasi sementara menyebutkan sekitar pukul 13.45 WIB, wilayah itu diguyur hujan intensitas tinggi yang disertai angin kencang. Selang beberapa menit kemudian, angin semakin kencang mengakibatkan genteng rumah warga terjatuh dan sejumlah pohon tumbang.

"Selain assesment, kita bersama petugas lainnya melakukan penanganan," pungkasnya. (*)

Sumber: radartegal.com