Diduga Hina Ning Imaz, Eko Kuntadhi Jadi Sorotan, GP Ansor Sebut Sudah Kelewat Batas

Diduga Hina Ning Imaz, Eko Kuntadhi Jadi Sorotan, GP Ansor Sebut Sudah Kelewat Batas

Tangkapan Layar--

"Jika barisan panjenengan pak @ganjarpranwo diisi uwuh-uwuh (sampah) macam Eko Kuntadhi, Jagal kadrun, dan justin karya dan rombonganya sudah deh pak ambyar, mereka ini sok-sok nasionalis tapi kelakuane bikin horeg negeri ini. Tendang saja pak," tuturnya.

Ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin alhafidz menilai perbuatan Eko Kuntadhi telah menciderai niat baik penceramah agama yang dengan tulus menyampaikan ajaran agamanya tanpa pamrih. 

"Kami mengecam dan menuntut agar yang bersangkutan meminta maaf secara terbuka kepada seluruh umat islam khususnya warga Nahdlatul Ulama yang sangat tersinggung dengan ungkapan Eko Kuntadhi," tegas Ainul Yakin, Selasa 13 September 2022.

Lebih lanjut, Ainul Yakin juga mengingatkan kepada seluruh pegiat medsos agar lebih berhati-hati dalam berkomentar dan melakukan aktivitas di media sosial.

"Ada pepatah arab yang menyampaikan selamatnya seseorang tergantung pada bagaimana seseorang menjaga lisannya, dalam konteks saat ini sejauh menjaga jarinya untuk tidak asal berkomentar terhadap apa yang mereka sebetulnya tidak faham, terlebih menyangkut keyakinan dan agama," tambah Yakin. 

Di akhir, Yakin juga menyampaikan jika pihaknya saat ini juga sedang mengkaji ada tidaknya unsur hate speech dalam unggahan Eko tersebut.

Mendapat respons kurang etis ini, Ustazah Ning Imaz turut buka suara. Dirnya bilang Eko Kuntadhi akan meminta maaf langsung ke Ponpes Lirboyo.

"Pihak Eko memang sudah ada i’tikad baik untuk datang ke Lirboyo dan minta maaf secara langsung," ungkap Ning Imaz dikutip NU Online.

Lebih lanjut, Ustazah Ning Imaz menjelaskan bahwa Eko Kuntadhi akan dipertemukan dengan para masyayikh atau kiai yang ada di Lirboyo.

Kedatangan pihak Eko Kuntadhi itu direncanakan bakal berlangsung pada Kamis, 15 September 2022 dan tak diketahui waktu tepatnya kapan.

"Insya Allah besok Kamis. Rencana akan disowankan ke masyayikh. Supaya tidak terjadi lagi hal yang demikian (menghina di media sosial)," kata Ning Imaz dikutip dari Fin.co.id. (*)

Sumber: fin.co.id