Belum Tentukan Pilihannya, Habib Salim Segaf Aljufri Bocorkan Kriteria Capres 2024 yang Diinginkan PKS

Belum Tentukan Pilihannya, Habib Salim Segaf Aljufri Bocorkan Kriteria Capres 2024 yang Diinginkan PKS

HABIB SALIM - Habib Salim Segaf Aljufri saat menghadiri kegitan di Kota Tegal, Kamis 25 Agustus 2022. (foto: teguh muj/rtc) --

TEGAL, radartegal.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masih melakukan komunikasi untuk menentukan calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang. Meski begitu, PKS menginginkan capres yang memiliki visi kebangsaan dan kepemimpinan.

Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Salim Segaf Aljufri mengatakan sampai saat ini partainya masih melakukan komunikasi dengan parpol lainnya. Kemungkinan, sebut Habib Salim, akhir tahun ini akan kelihatan 'perahu-perahu' yang mengusungnya.

"Kita masih komunikasi, kemungkinan akhir atau awal tahun sudah kelihatan perahu-perahunya," katanya, Kamis 25 Agustus 2022, usai mengikuti kegiatan di Kota Tegal.

Menurut Habib Salim, pihaknya saat ini sudah mengantongi nama-nama yang akan maju dalam Piplres 2024. Namun, siapa nanti yang akan muncul syarat utamanya harus presidential tresshold 20 persen.

"Meskipun kita sebagai partai politik sudah melakukan legal standing untuk minta 7-9 persen. Itu, nantinya akan dikabulkan atau tidak di MK kita tidak tahu," ujarnya.

Habib Salim menegaskan partainya menginginkan capres yang memiliki visi kebangsaan yakni satu bangsa, bahasa dan tanah air. Kemudian visi kepemimpinan, dimana dia memposisikan sebagai ayah dan merangkul semuanya.

"Saat ini, kita masih mencari tipe itu pada siapa. Kalau ada masukan kita juga akan mempertimbangkannya," pungkasnya.

Sebelumnya, Sekertaris Jenderal (Sekjen) PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsy Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum tentu diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang. Karena sampai saat ini, PKS sama sekali belum memutuskannya.

Penegasan itu diungkapkan Habib Aboe Bakar Alhabsy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 9 Juni 2022 lalu. “Siapa yang memutuskan PKS dengan Anies? nggak ada. Anies buat Jakarta, untuk nasional kita liat lagi,” tegas Habib Aboe.

Meski begitu, Habib Aboe tak menampik PKS memang memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan. “Tentu banyak kader PKS yang memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan.”

Hanya saja hal itu tidak bisa dijadikan dasar Partai Berlambang Bulan Sabit Kembar itu mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti. “Masyarakat PKS dekat dengan Anies, ya iya lah. Emang cocok kok anies untuk calon juga, tapi belum tentu (diusung PKS),” ucapnya.

Menurut anggota Komisi III DPR RI itu, keputusan siapa nantinya yang diusung PKS di Pilpres 2024 akan ditentukan oleh Majelis Syuro.

“Nanti akan dimusaywarahkan oleh Majelis Syuro PKS. Tapi kita nggak patah arang dengan Anies, kita terbuka saja. Tapi belum tentu pilihan terakhir,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Presiden PKS Ahmad Syaiku pernah menegaskan akan selalu mengutamakan kader internal untuk diusung sebagai capres 2024. “Jadi, tetap kalau penokohan kita dorong Dr Salim Segaf Al Jufri,” ungkap Syaikhu, Selasa 1 Februari 2022 lalu.

Sumber: