Bupati Tegal Salurkan Bantuan Baznas untuk Korban Kebakaran di Pendawa

Bupati Tegal Salurkan Bantuan Baznas untuk Korban Kebakaran di Pendawa

-Humas Pemkab Tegal-

LEBAKSIU – Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran yang menimpa Lanang Suharjo (48), warga Dukuh Saimbang Desa Pendawa Kecamatan Lebaksiu, Kamis (21/07) siang.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh bagian rumah dan hanya menyisakan bagian dapur ini terjadi pada Sabtu (16/07) lalu.

Selain menyampaikan keprihatinannya atas musibah tersebut, Umi pun memberikan motivasi kepada Lanang beserta keluarganya agar tegar menghadapi ujian hidup dan bersemangat membangun kembali rumahnya secara bertahap.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal dan muzaki Baznas, kami turut berduka atas musibah ini. Semoga Pak Lanang sekeluarga terus diberikan nikmat sehat dan kesabaran menghadapi ujian ini. Dan saya sampaikan terima kasih kepada saudara, sanak famili, tetangga yang telah berderma, bergotongroyong membantu warganya yang sedang ditimpa musibah,” katanya.

Umi pun mengatakan, meski bantuan dari Baznas ini tidak terlalu besar, harapannya bisa sedikit membantu meringankan beban keluarga korban.

“Mudah-mudahan dari bantuan Baznas senilai Rp7 juta ini bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Umi.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini menitip pesan kepada kepala Desa Pendawa dan camat Lebaksiu untuk membantu memfasilitasi pembuatan ulang dokumen administrasi kependudukan dan dokumen penting lainnya yang hangus terbakar seperti kartu keluarga, akta kelahiran, ijazah pendidikan dan lainnya.

“Saya minta bantuan kades dan camat untuk menginventarisasi dan bantu apa saja berkas penting yang terbakar. Kawal semua prosesnya sampai berkas atau dokumen pengganti tersebut diterima keluarga korban,” tegas Umi.

Selain memberikan bantuan berupa uang tunai, Umi juga menyerahkan bantuan paket sembako, peralatan dapur, selimut, tikar, triplek dan asbes 10 lembar serta kayu kaso 20 lonjor.

Sementara itu, Lanang menjelaskan kronologi kebakaran terjadi pada Sabtu (16/07) dini hari pukul 01.30 WIB. Tiba-tiba, sambung Lanang, ada percikan api dan secara cepat merambat ke seluruh bagian rumah. 

Dirinya mengaku tidak sempat menyelamatkan benda atau barang berharga karena panik, termasuk dokumen penting.

Atas pemberian santunan tersebut, Lanang pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada bupati Tegal dan Baznas Kabupaten Tegal.

“Saya berterimakasih kepada tetangga sekitar, khususnya warga Dukuh Saimbang Desa Pendawa, pak kades dan pak camat, ibu bupati dan Baznas yang telah membantu kami,” pungkasnya. (*/ima)

Sumber: radartegal.com