Kades Terpilih Bakal Dilantik, Ini Pesan Wakil Ketua Komisi I

Kades Terpilih Bakal Dilantik, Ini Pesan Wakil Ketua Komisi I

Sebanyak 43 kepala desa (kades) terpilih di pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III bakal dilantik. Pelantikan dijadwalkan dilaksanakan pada Senin-Selasa (14-15/6). 

Seperti diketahui, pelaksanaan pelantikan kades terpilih bakal dilaksanakan di dua tempat. Pertama, pelaksanaan pilantikan bakal dilaksanakan di Pendopo Bumiayu, Senin (14/5).

Total, ada 18 kades terpilih yang bakal dilantik besok. Sedangkan pelantikan kedua bakal dilaksanakan di Pendopo Brebes, Selasa (15/6).

Sedikitnya ada 25 kades terpilih di wilayah tengah dan pantura bakal dilantik di Pendopo Brebes. 

Pelantikan kades terpilih tersebut diapresiasi oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Brebes M. Rizki Ubaidilah.

Menurutnya, dengan pelantikan tersebut, diharapkan pembangunan yang ada di desa bisa kembali dilanjutkan. 

"Kepada kades terpilih saya ucapkan selamat. Harapan kami, yang pertama lanjutkan perjuangan visi misi kepala desa sebelumnya. Dan silakan, setelah itu lanjutkan visi misi bagi para kades terpilih dalam membangun desa tersebut," ujarnya. 

Dan yang kedua, kata dia, dirinya berharap kepada kades terpilih untuk tidak henti-hentinya belajar aturan yang ada. Hal ini agar tindakan yang dilakukan dan diputuskan di tingkat desa sesuai dengan aturan yang ada dan tidak buru-buru. 

"Yang jelas, kita harapkan kepada Dinpermades untuk segera melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada kades terpilih. Hal ini agar mereka memahami aturan sistem dana desa dan sistem keuangan di desa tersebut," jelasnya. 

"Dan kepada para kades yang baru, jangan bosan-bosan tanya kepada kades yang sudah satu periode, dua periode atau tiga periode tentang belajar sistem keuangan desa. Sehingga, nantinya bisa sesuai aturan," lanjutnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan, sesuai jadwal, ada 18 kades terpilih yang bakal dilantik.

Mereka akan dilantik setelah sebelumnya mendapatkan suara terbanyak saat pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III pada pertengahan bulan lalu. 

"Ya benar, besok kades terpilih wilayah Brebes selatan bakal dilantik. Pelantikan rencananya akan dihadiri ibu bupati," ujarnya. 

Dijelaskannya, sesuai jadwal juga untuk proses pelantikan kades terpilih wilayah tengah dan pantura bakal dilaksanakan Selasa (14/6). Pelantikan akan dilaksanakan di Pendopo Brebes. 

Sumber: