Pembicara dari Rusia, Ethiopia, dan Maroko Isi Seminar Internasional Pascasarjana UPS Tegal

Pembicara dari Rusia, Ethiopia, dan Maroko Isi Seminar Internasional Pascasarjana UPS Tegal

Program Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS)Tegal mengadakan seminar internasional bertema "Digitalitation Management Issues and Environmental Law on Educations for Sustainable Development", Sabtu (28/5).

Seminar yang digelar di Lantai 2 Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Pancasakti Tegal via daring dan luring. Dalam seminar itu didatangkan praktisi pembicara Internasional dari tiga negara.

Antara lain Vice President of Moscow City University Samara Rusia, Prof Elchin Ghasimov; perwakilan dari Coolege of Bussines and Economic Arba Minch University Ethiopia, Mesfin Menza Mamo (Phd); dan Researcher in Public Law and Politics Science Hassan First University Marooco, Mr Youssef Baqil yang bekerja sama dengan MALAPY di tahun 2022.

Selain ketiganya ada juga pembicara dari dalam negeri yaitu Prof Dr Pujiyono SH MH, profesor at law faculty Universitas Negeri Sebelas Maret Solo; Head of Doctoral Program of Ekonomi Science Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Prof Dr Hj Tri Ratnawati Ak Ms; dan Director of Posgraduate Program Universitas Pancasakti Tegal, Prof Dr Sitti Hartinah DS yang dimoderatori Dr Yoga Prihatin MPd dari UPS Tegal.

Direktur Program Pascasarjana Ups Tegal Prof Dr Sitti Hartinah DS mengatakan seminar ini adalah tindak lanjut dari hasil raker di Cirebon. Selain itu juga untuk melaksanakan visi misi rektor UPS, menjadikan pascasarjana UPS go internasional.

"Dari sinilah diwajibkan melaksanakan kegiatan seminar internasional ini yang terkait dengan visi misi pascasarjana menjadikan pascasarjana yang berbasis internet global di tahun mendatang," kata Sitti Hartinah.

Selain itu Direktur mengatakan Kegiatan ini ditargetkan 100 peserta,  ada peserta zoom yang dari Jerman. "Tahun 2022 ini salah satu syarat untuk di wisuda itu harus memiliki Jurnal Internasional dan ini sedang disiapkan untuk itu, Pascasarjana sudah melakukan MOU dengan MALAPY," ungkap Hartinah lagi.

Selanjutnya Seminar Internasional ini untuk menindaklanjuti 3 pilar agenda rektor UPS Tegal yang berbasis digital. "Saat ini Pascasarjana UPS telah menerima mahasiswa internasional dari Maroko atas nama Ikhlas Djamai di tahun 2022/2024 dan ini murni dibiayai Yayasan Pendidikan Pancasakti dan Pascasarjana untuk biaya hidupnya selama 2 tahun dalam rangka persiapan akreditasi Lamemba," ujarnya.

Seminar Internasional ini juga bertujuan tidak hanya untuk capaian go internasional, tetapi mahasiswa dan dosennya bisa membuat artikel ilmiah.

Utamanya untuk dosen sebagai kredit point (KUM), sehingga akan memuluskan kenaikan jabatannya. " Saya berharap seminar internasional ini berjalan setiap semester." (zul/rtc)

Sumber: