Ribuan Nakes Honorer Meminta Diangkat P3K, Ini Respon Komisi IV

Ribuan Nakes Honorer Meminta Diangkat P3K, Ini Respon Komisi IV

Tuntutan para tenaga kesehatan (nakes) honorer di Kabupaten Brebes, untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di tahun 2022, mendapat respon positif dari Komisi IV DPRD Kabupaten Brebes. 

Bahkan, Komisi IV DPRD Brebes bakal memperjuangkan tuntutan mereka. Disebutkan, nakes honorer yang telah mengabdi di atas 3 tahun bisa diprioritaskan menjadi P3K. 

"Dalam audiensi tadi mereka menuntut untuk dapat diangkat menjadi P3K. Dan kita akan memperjuangkan itu. Bulan depan, kita agendakan audiensi lanjutan bersama Sekda Brebes," ujar Ketua Komisi IV DPRD Brebes Tri Murdiningsih, usai menemui para nakes honorer yang beraudiensi, Selasa (17/5). 

Dijelaskannya, jika melihat auran yang ada, nakes honorer yang telah mengabdi di atas tiga tahun hingga 10 tahun, perlu diprioritaskan untuk diakomodir menjadi P3K. 

Namun, pihaknya perlu melakukan pembahasan lebih lanjut, terkait kebutuhan real nakes di Brebes. 

Di sisi lain, data jumlah nakes honorer yang dimiliki dinas kesehatan dengan Forum Nakes Honorer Brebes masih ada perbedaan. 

"Hal ini yang perlu diperhatikan, sehingga datanya tepat. Termasuk, menghitung kebutuhan nakes, dan kebutuhan pembiayaan gajinya," jelasnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, ke depan melalui pertemuan atau audiensi lanjutan dapat diperoleh solusi terbaik bagi nakes.

"Harapannya, ke depan ada solusi terbaik untuk mereka," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, ratusan tenaga kesehatan (nakes) yang tergabung Forum Tenaga Kesehatan Honorer (FTKH) Kabupaten Brebes mendatangi DPRD setempat, Selasa (17/5). 

Kedatangan mereka mewakili 1.785 nakes honorer yang ada di Brebes yang menuntut diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di tahun 2022. 

Rombongan FTKH tiba di Gedung DPRD Brebes sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka diterima langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Brebes Tri Murdiningsih untuk mengikuti audiensi. 

Ketua FTKH Kabupaten Brebes Bambang Kuntoro mengatakan, hingga saat ini ada sebanyak 1.785 nakes di Brebes yang masih berstatus honorer. 

Mereka mengabdi di 38 puskesmas yang ada di Brebes dan dua rumah sakit milik pemerintah daerah. Bahkan, mereka ada yang sudah mengabdi hingga puluhan tahun, tetapi belum ada kejelasan nasibnya. 

Sumber: