MELETUSNYA PERANG DUNIA 3 ANTARA NEGARA RUSIA & UKRAINA

MELETUSNYA PERANG DUNIA 3 ANTARA NEGARA RUSIA & UKRAINA

OLEH: NATASHA FARAS NABILA
MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

DOSEN PEMBIMBING : Dr. IRA ALIA MAERANI, S.H., M.H.

Mayoritas masyarakat Negara Ukraina dan Rusia adalah pemeluk agama Kristen Ortodoks.  Di Ukraina penduduk yang memeluk agama Islam hanya 4%.

Ketika Perang Dingin terjadi sebelum th. 1990, orang-orang Ukraina dan Rusia bersatu dalam sebuah Negara Federasi bernama Uni Soviet. 

Presiden Rusia Boris Yaltsin menyetujui Uni Soviet dan Pakta Warsawa bubar, dan di tahun yang sama Ukraina memberikan suara untuk memerdekakan diri dari Uni Soviet dalam sebuah referendum.  Selanjutnya Rusia, Ukraina dan Belarusia membentuk Commonwealth Of Independent States (CIS).  

Namun perpecahan terjadi, Ukraina menganggap bahwa CIS adalah upaya Rusia untuk mengendalikan Negara-negara dibawah kekaisaran Rusia dan Uni Soviet.

Masa anti Pemerintah berhasil melengserkan mantan Presiden Ukraina yang pro – Rusia, Viktor Yunokovych.  Kerusuhan bahkan sempat terjadi sebelum berdamai di 2015 dengan kesepakatan minsk. 

Revolusi yang membuka keinginan Ukraina bergabung dengan Uni Eropa (UE) dan NATO membuat Presiden Rusia Vlandimir Putin marah, karena prospek berdirinya pangkalan NATO di sebelah perbatasannya.   

Saat Yunokovych jatuh, Rusia menggunakan kekosongan kekuasaan untuk menduduki Krimea di 2014.  Rusia juga mendukung separatis di Ukraina Timur, yakni Donetsk dan Luhansk untuk menentang Pemerintah Ukraina.

Rusia akhirnya benar-benar menyerang Ukraina pada tanggal 24 Februari 2022, serangan Rusia kemudian di mulai di sejumlah kota di Ukraina termasuk Kyiv, Odessa, Kharkiv dan Meriupol.  

Hingga kini ketegangan masih berlangsung.  Artikeri dan pesawat tempur Rusia masih terus menggempur kota diseluruh Ukraina.  

Di Mariupol sebuah kota pelabuhan utara di Tenggara, ratusan orang yang berdesakan di ruang bawah tanah sebuah gedung mulai kehabisan makanan dan banyak juga yang membutuhkan bantuan medis.

Memanasnya konflik antara Rusia dan Ukraina merupakan tanda awal Perang Dunia 3 tertuang dalam Al-qur’an surat Al- Baqarah ayat :216 (“ Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi janganlah kamu melampaui batas karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas “).  

Dan menurut Ust. Adi Hidayat Rosulullah diketahui pernah menyatakan bahwa salah satu tanda akhir zaman adalah adanya konflik yang besar.

Sumber: