Ringankan Beban Warga NU, PCNU Kabupaten Tegal Salurkan Zakat Mal Rp3 Miliar

Ringankan Beban Warga NU, PCNU Kabupaten Tegal Salurkan Zakat Mal Rp3 Miliar

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah menyalurkan zakat mal kepada warga kurang mampu di Kabupaten Tegal Rp3 miliar. Kegiatan penyaluran yang dipusatkan di Gedung PCNU Tegal dilakukan seremonial, Selasa (26/4) dan akan berlangsung empat hari sampai, Jumat (29/4) besok. 

Koordinator Teknis Penyaluran Zakat, Ryan Saeful Rizal mengatakan, penyaluran zakat ini ditekankan untuk warga fakir miskin yang tersebar di 19 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se-Kabupaten Tegal, yakni sejumlah 5.400 penerima.

Optimalisasi panitia dalam menyampaikan amanat agar tepat sasaran dilakukan dengan melampirkan persyaratan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang harus dibawa penerima zakat.

“Kegaiatan pentasharupan zakat mal ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan Muzaki kepada PCNU Kabupaten Tegal melalui Lazisnu. Untuk itu kami berusaha optimal agar pendistribusian tepat sasaran dan benar-benar mampu dirasakan manfaatnya oleh penerima” ucap kader NU yang juga Sekretaris PCNU ini.

Ketua Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Tegal, Akhmad Darus menyampaikan teknis pendistribusian zakat mal yang dipusatkan di gedung PCNU dimaksudkan untuk mempermudah dalam melakukan pendampingan dan pengawasan.

Sebagai bentuk tanggungjawab, panitia memberikan dana operasional bagi MWC untuk melakukan pendataan dan transportasi penerima zakat untuk bisa hadir di gedung PCNU Kabupaten Tegal. 

“Sebagai bentuk keseriusan kami dalam pengelolaan dan pentasharupan zakat mal ini, kami jadwal dan kami siapkan 10 petugas pelayanan yang siap melayani mustahiq zakat sejak pagi sampai sore. Untuk itu kami harap semua MWC NU se Kabupaten Tegal bisa ikut membantu dan mengawal warganya masing-masing agar mampu terlayani dengan baik tanpa mengalami kesulitan,” ujarnya.

Terpisah, Ketua PCNU Kabupaten Tegal Muntoyo menyampaikan harapan kegiatan ini menjadi salah satu indikator meningkatnya kepercayaan warga terhadap pengelolaan dana umat kepada LAZISNU Kabupaten Tegal.

Indikator lainnya adalah meningkatnya jumlah dana warga yang dikelola Lazisnu Kabupaten Tegal semakin menjadikan Lazisnu Kabupaten Tegal sebagai lembaga yang terpercaya dalam mengelola dan menyalurkan dana umat.

“Kami harap Lazisnu dengan panitianya sekaligus MWCNU dan Ranting NU mampu menjaga kepercayaan ini dengan mengawal dan memastikan kegiatan ini agar berjalan sebagaimana mestinya secara efektif dan tepat sasaran. Dan dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginnya kepada segenap aghniya dan warga yang mempercayakan semua bentuk dana baik zakat, infak, dan sodakoh kepada PCNU melalui Lazisnu Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui kegiatan ini menjadi kegiatan penutup di Bulan Ramadan 1443. Hadir dalam seremonial pentasharufan awal jajaran PCNU Kabupaten Tegal, segenap MWCNU Banom dan 270 penerima zakat mal. (zul/rtc)

Sumber: