Amankan Paskah, 285 Polisi Disiagakan untuk Pengamanan Gereja di Kota Tegal

Amankan Paskah, 285 Polisi Disiagakan untuk Pengamanan Gereja di Kota Tegal

Jajaran Polres Tegal Kota menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan jalannya rangkaian perayaan Paskah. Mereka, ditempatkan di gereja-gereja yang ada, sejak Kamis (14/4) kemarin. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat melalui Kabag Ops Kompol Wibowo Saputra mengatakan, pihaknya telah memploting 285 personel yang ditugaskan khusus dalam pengamanan rangkaian perayaan Hari Paskah. Mereka terdiri dari gabungan fungsi dan polsek jajaran. 

"Dalam pelaksanaan tugasnya nanti akan bersinergi dengan petugas gabungan dari lintas sektoral lainnya," katanya. 

Menurut kabag ops, pihaknya tidak mau kecolongan, sehingga patroli dan penjagaan terus ditingkatkan dengan menjalin sinergi lintas sektoral. 

Selain itu, seluruh polsek jajaran telah berkoordinasi dengan pihak gereja yang ada di wilayah masing-masing, untuk mendatakan setiap kegiatan guna dilakukan pengamanan. 

"Setiap gereja sudah disetting personel pengamanan, baik terbuka dan tertutup untuk mengamankan kegiatan perayaan Paskah di seluruh gereja yang ada. Dalam pengamanan juga diturunkan anjing pelacak serta tim sterilisasi guna antisipasi kejadian tidak diinginkan," tandasnya. 

Menurut kabag ops, perayaan Hari Paskah tahun ini bertepatan juga dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Karenanya, dia mengimbau agar seluruh umat tetap menjaga toleransi dan rasa kekeluargaan. 

"Mari jaga toleransi dan rasa kekeluargaan, kita ciptakan iklim yang kondusif. Sehingga perayaan Paskah berjalan lancar dan pelaksanaan ibadah puasa hingga Idul Fitri ke depan juga lancar," tegasnya. 

Pihaknya juga meminta pihak gereja untuk membentuk pengamanan secara internal. Sebab untuk menyaring kedatangan umat yang datang merupakan umat gereja tersebut atau bukan, hanya pihak gereja yang mengetahuinya. 

"Semoga semua rangkaian pelaksanaan kegiatan Paskah dapat berjalan aman, lancar, damai, dan sejuk, tanpa ada kendala. TNI-Polri tentunya bersama pemkot akan semaksimal mungkin melakukan pengamanan," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: