DPRD Kota Tegal Bakal Lakukan Rotasi Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan

DPRD Kota Tegal Bakal Lakukan Rotasi Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan segera melakukan rotasi terhadap sejumlah pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Hal itu menyusul digelarnya rapat konsultasi pimpinan yang dilaksanakan pekan lalu. 

Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro mengatakan, rapat konsultasi pimpinan dihadiri pimpinan DPRD, AKD dan Fraksi. Hasilnya, ada 3 hal yang akan dilakukan. 

"Pertama terkait dengan pergantian personel AKD. Saat rapat lalu kita sosialisasikan kepada fraksi," katanya. 

Selanjutnya, kata Kusnendro, fraksi akan menggelar rapat internal untuk menentukan personel yang duduk di AKD. Kemudian, itu akan disampaikan pada rapat selanjutnya. 

Kedua, kata Kusnendro, Pemkot Tegal pada Minggu kedua Maret 2022 ini akan melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.  

Sehingga DPRD nantinya akan memberikan usulan yang sebelumnya dijaring melalui kegiatan reses juga audiensi-audiensi dengan masyarakat yang sudah dilakukan. 

"Nantinya, kita akan memberikan masukan kepada pemkot berupa pokok-pokok pikiran (pokir),"ujarnya. 

Kemudian yang ketiga, ujar Kusnendro, berkaitan dengan rencana kerja (renja) DPRD 2023. 

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan dilakukan sesuai dengan renja itu, sehingga kebutuhan anggaran, sesuai dengan alat kelengkapan masing-masing yang melaksanakan kegiatan. 

"Kita juga akan melaksanakan rapat kerja dengan pemkot. Itu sesuai dengan kesepakatan, untuk menggelar rapat bersama setiap 3 bulan sekali. Fungsinya pengawasan, untuk mengevaluasi kinerja OPD," katanya. 

Dengan begitu, imbuh Kusnendro, bisa diketahui kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di OPD. Harapannya, tidak ada penumpukan pekerjaan sehingga tidak selesai pada akhir tahun. (muj)

Sumber: