Jeblok! Ketua DPR RI Puan Maharani di Bawah Ganjar dan Risma

Jeblok! Ketua DPR RI Puan Maharani di Bawah Ganjar dan Risma

Hasil Survei Kepemimpinan Nasional yang dirilis salah satu media nasional menempatkan Ketua DPR RI Puan Maharani di bawah Ganjar Pranowo dan Tri Rismaharini.

Putri mahkota PDI Perjuangan itu tidak masuk dalam tiga besar figur yang paling diinginkan publik maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.
 
Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden pada 17 sampai 30 Januari 2022 lalu.

Para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.
Dengan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 2,8 persen. 

Tiga nama calon presiden 2024 yang santer terdengar belakangan ini dan bersaing ketat berdasarkan survei tersebut di antaranya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain tiga nama itu, nama-nama seperti Sandiaga Uno, Basuki Tjahaja Purnama, dan Tri Rismaharini juga membuntuti elektabilitas ketiganya.

Prabowo meraih suara 26,5 persen masyarakat. Selanjutnya disusul Ganjar dengan perolehan 20,5 persen, dan Anies dengan perolehan 14,2 persen.

Kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (4,9 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,7 persen), Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (2,9 persen), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (2,6 persen).

Sementara itu ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharini (2,6 persen), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (2 persen), mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo (1,4 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (1,1 persen), Menko Polhukam Mahfud MD (1,1 persen), dan Ketua DPR Puan Maharani (0,6 persen).

Dikutip dari Fajar, survei ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 17-30 Januari 2022. 

Sebanyak 4,1 persen responden menjawab tokoh lainnya dan 11,8 persen responden menjawab tidak ada, tidak tahu, atau rahasia. (Rtc/ima)

Sumber: