Bupati Tegal Salurkan Bantuan Rehab Rumah untuk Penyandang Disabilitas dan Korban Bencana Alam

Bupati Tegal Salurkan Bantuan Rehab Rumah untuk Penyandang Disabilitas dan Korban Bencana Alam

Rona kebahagiaan tampak menyelimuti wajah Teguh Santoso (56), penyandang disabilitas asal RT05/RW01, Desa Kaliwadas Kecamatan Adiwerna saat Bupati Tegal Umi Azizah mengunjungi rumahnya, Rabu (2/2) pagi. 

Dalam kesempatan itu, Umi menyalurkan dana bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal senilai Rp10 juta untuk stimulan perbaikan rumah tinggal Teguh yang roboh akibat terjangan angin kencang beberapa waktu lalu.

Bantuan dana perbaikan rumah dari para muzaki tersebut diterima Teguh dengan disaksikan kepala desa setempat dan camat Adiwerna.

“Saya minta Bu Kades bisa mengawal proses perbaikan rumah ini sampai selesai agar bisa segera dihuni. Dorong partisipasi warga sekitar untuk ikut serta membantu kekurangan material atau mungkin tenaga supaya rumahnya jadinya nyaman, sehat dan layak huni,” tutur Umi.

Di sini, Umi berpesan kepada Teguh supaya sabar dan ikhlas menghadapi musibah ini. Selain itu, Umi juga mengingatkan kepada warganya agar senantiasa waspada dan berhati-hati dengan meningkatnya intensitas hujan belakangan ini sehingga berpotensi rawan kejadian bencana seperti angin kencang, longsor, banjir hingga pohon tumbang.

Teguh yang tinggal bersama keluarga kecilnya mengaku senang bisa menerima bantuan tersebut. 

“Kami sangat senang dan berterimakasih khususnya kepada Ibu Bupati dan juga Baznas yang sudah merespon permohonan saya melalui surat sehingga datang bantuan ini untuk membantu memperbaiki rumah saya yang rusak,” kata Teguh.

Sementara itu, menanggapi arahan bupati Tegal, Kepala Desa Kaliwadas Rukhamah menyatakan, pihaknya siap membantu secara maksimal dan bertahap dengan memasukkan kegiatan renovasi rumah Teguh ke dalam program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) melalui APBDes Desa Kaliwadas.

Di hari yang sama, bantuan uang tunai senilai Rp20 juta dari Baznas Kabupaten Tegal juga disalurkan Umi melalui Camat Bojong Endro Nor Susilo untuk membantu perbaikan rumah tinggal yang mengalami kerusakan pascahujan lebat dan angin kencang yang melanda 13 belas desa di Kecamatan Bojong. 

Serah terima bantuan berlangsung di Kantor Camat Bojong.

“Total kerusakan rumah akibat hujan lebat dan angin besar yang terjadi di Kecamatan Bojong ini mencapai 326 unit rumah, dengan masing-masing tingkat kerusakannya yang bervariasi, dari yang ringan, sedang, hingga berat,” terang Endro. (*/ima)

Sumber: