Cetak Ratusan Ribu Pengusaha UMKM Berliterasi Digital, Kemenkominfo Luncurkan Digital Talent Scholarship 2022

Cetak Ratusan Ribu Pengusaha UMKM Berliterasi Digital, Kemenkominfo Luncurkan Digital Talent Scholarship 2022

Ditemui usai acara, Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan pihaknya sangat mendukung program pemberdayaan UMKM di era ekonomi digital ini dalam memampukan pelaku usaha bersaing di lokapasar dan platform media sosial.

“Hikmah di balik pandemi Covid-19 adalah menyadarkan kita bahwa perubahan cepat di era ekonomi digital dengan dukungan teknologi finansialnya ini telah mendisrupsi pola-pola perdagangan dan pemasaran konvensional. Pola digital sudah menjadi bagian dari perekonomian masyarakat kita saat ini dengan adanya kemudahan fitur transaksi dan pemasaran pada platform marketplace maupun media sosial,” kata Umi.

Menangkap pergeseran itu, pihaknya telah mencanangkan terlebih dahulu program UMKM Tegal Go Digital di bulan September 2021 lalu dengan menggandeng perusahaan startup PT Kasy Sibernetika Indonesia untuk melatih para pelaku UMKM melalui skema pelatihan yang terstruktur dan berjenjang, termasuk penggunaan aplikasi Kasyr sebagai perangkat lunak point of sales untuk mendukung pencatatan transaksi, stok barang, hingga laporan keuangannya. (*/ima)

Sumber: