Tak Mau Buka Portal, Wali Kota Tegal Dedy Yon: Alun-alun dan Jalan Pancasila Hanya untuk Pejalan Kaki

Tak Mau Buka Portal, Wali Kota Tegal Dedy Yon: Alun-alun dan Jalan Pancasila Hanya untuk Pejalan Kaki

Meski diprotes warganya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono tetap akan melakukan penutupan akses jalan menuju Kawasan Jalan Pancasila dan Alun-alun untuk kendaraan di malam hari. Menurutny, lokasi itu nantinya hanya akan diperuntukkan bagi para pejalan kaki. 

Usai melaunching mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM), Kamis (8/12) sore, Dedy Yon mengatakan dirinya melakukan penutupan akses jalan menuju Alun-alun hanya pada jam-jam tertentu. Wali Kota berkilah kawasan itu nantinya hanya untuk para pejalan kaki. 

"Kita berharap masyarakat memahami Alun-alun itu ruang publik. Setiap malam khusus untuk pejalan kaki," katanya. 

Nantinya, kata Dedy Yon, Pemkot Tegal akan menyediakan kantong-kantong parkir di sekitar lokasi. Paling tidak, ada empat kantong parkir yang sedang disiapkan.

Di antaranya, lahan di samping Balai Kota Tegal dan di sebelah selatan Stasiun Tegal. Karenanya, 15 Desember nanti dia akan menandatangani penyerahan dan pemberesan ruang parkir.

Dedy Yon berharap kawasan alun-alun dan Taman Pancasila benar-benar bisa menjadi ruang publik. 

"Kami yakin nantinya akan mendatangkan masyarakat dari luar kota untuk datang ke Kota Tegal," jelasnya. 

Sehingga, imbuh Dedy Yon, akan sangat membahayakan jika kendaraan bermotor melewati lokasi itu. Dirinya menambahkan, akan berupaya meyakinkan masyarakat terkait alasan kebijakan penutupan akses jalan ke Alun-alun tersebut. (muj/zul)

Sumber: