Habib Ali Minta Armada Damkar Disiagakan di Pelabuhan Tegal

Habib Ali Minta Armada Damkar Disiagakan di Pelabuhan Tegal

Kebakaran belasan kapal yang tengah dalam perbaikan di komplek Pelabuhan Tegal membuat prihatin Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin. Dia meminta ada mobil pemadam kebakaran (damkar) yang stanby di sekitar kawasan pelabuhan.

Tujuannya, untuk mengantisipasi kejadian serupa di waktu mendatang. Ditemui usai melakukan tinjauan di lokasi kejadian, Rabu (17/11) siang, Habib Ali mengungkapkan dengan beberapa kejadian kebakaran kapal, dia berharap, ada armada damkar yang ditempatkan di pelabuhan.

Selain itu juga hydran air supaya dididirikan di beberapa titik. "Kita berharap ada mobil pemadam yang standby di pelabuhan. Juga adanya hydran untuk mengantisipasi kebakaran nantinya,"katanya. 

Selain itu, kata Habib Ali, perlu diperhatikan juga terkait kolam parkir kapal yang ada di pelabuhan. Sebab, saat ini hanya bisa menampung sekitar 400 kapal saja, sementara jumlah yang dimiliki warga lebih dari 1.000 unit. 

"Kemudian alur masuknya kapal juga perlu diperhatikan. Harapan kita dalam perencanaan kedepan bisa menjadi skala prioritas. Kalaupun mungkin yang bisa diangarkan dari APBD II dan APBN," ujarnya. 

Habib Ali menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait. Itu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan pemberian bantuan bagi pemilik kapal yang terbakar. 

"Kemudian kita juga mengingatkan agar SOP betul-betul dilaksanakan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. 

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Sirat mengatakan memang peristiwa kebakaran kapal bukan pertama kali. Karenanya, untuk penanganannya tidak hanya kewenangan 1 dinas. 

"Untuk penanganan diperlukan koordinasi beberapa dinas terkait. Termasuk BPBD dan pengelola pelabuhan," pungkasnya. (muj/zul)

Sumber: