14 Atlet Pencak Silat Kota Tegal Berlaga di Kejuaraan Dulongmas

14 Atlet Pencak Silat Kota Tegal Berlaga di Kejuaraan Dulongmas

Belasan atlet pencak silat asal Kota Tegal dikirim untuk berlaga di kejuaraan Dulongmas di Kabupaten Banjarnegara pada 12 sampai 14 November 2021. Pengurus menargetkan 5 medali emas dalam pertandingan itu. 

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tegal Edy Suripno sesaat melepas atlet, Jumat (12/11) di halaman Gedung DPRD Kota Tegal sore mengatakan, mereka dijadwalkan akan mengikuti pertandingan di berbagai kelas. 

"Lima atlet akan berlaga ‎di kelas B, C, D dan E putra serta D putri. Sementara sembilan lainnya di kategori seni yang terdiri atas tunggal putri, ganda putri, regu putra dan regu putri," ujarnya. 

Menurut pria yang juga menjabat ketua Komisi III DPRD Kota Tegal itu, pihaknya menargetkan meraih lima medali dalam kejuaraan itu. Selain itu, pengiriman atlet termasuk bagian dari persiapan menyambut kejuaraan daerah (kejurda) di Kota Bahari, pada Desember mendatang. 

‎"Mereka berasal dari 17 perguruan silat yang aktif mengirimkan perwakilan atlet untuk diseleksi," ujarnya. 

Pria yang akrab disapa Uyip itu, ajang Dulongmas merupakan persiapan dalam Kejuaraan Daerah yang akan digelar pada 9 sampai 12 Desember 2021 di Kota Tegal. Karenanya, sebagai tuan rumah, harus benar-benar siap dengan berbagai pengalaman. 

"Karena silat itu dinamis, silat tidak bisa pakai hal-hal yang baku, setiap waktu, setiap karakter orang berbeda-beda," tandasnya. 

Edi menambahkan, kejuaraan Dulongmas merupakan event olahraga tahunan se wilayah eks Karesidenan Kedu, Pekalongan, dan Banyumas. Terdapat atlet dari 14 kabupaten dan kota yang akan berlaga dalam berbagai cabang olahraga. (muj/ima)

Sumber: