12.446 Orang Lagi Didaftarkan ke JKN, Kota Tegal Akan Capai Universal Health Coverage (UHC)

12.446 Orang Lagi Didaftarkan ke JKN, Kota Tegal Akan Capai Universal Health Coverage (UHC)

DPRD Kota Tegal mendorong Pemkot Tegal segera mewujudkan cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Kota Tegal.

Nantinya, dengan UHC akan menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Dorongan itu diungkapkan saat Rapat Kerja Komisi II DPRD Kota Tegal bersama Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tegal di Ruang Rapat Komisi II DPRD Kota Tegal, Gedung Parlemen, Jalan Pemuda, Rabu (10/11) lalu.

“Kami mendorong terwujudnya UHC di Kota Tegal,” kata Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal Anshori Faqih.

Berdasarkan data yang dipaparkan, warga Kota Tegal yang dipastikan sudah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mencapai 261.115 jiwa. Jumlah itu setara dengan 85 persen dari 287.959 penduduk di Kota Bahari.

Untuk mewujudkan UHC, 95 persen warga Kota Bahari harus tercover program JKN, atau sekitar 273.561 jiwa.

Anshori meminta Dinkes Kota Tegal, Dinsos Kota Tegal, dan BPJS Cabang Tegal terus bersinergi untuk meningkatkan cakupan agar Kota Tegal dapat mencapai UHC.

Komisi II DPRD Kota Tegal menghitung, untuk memenuhi kekurangan cakupan sejumlah 12.446 jiwa dalam rangka menuju UHC, dibutuhkan anggaran berkisar Rp5,6 miliar.

“Hasil dari Rapat Kerja ini akan dibawa ke Badan Anggaran DPRD Kota Tegal. Saat ini, sedang dilakukan pembahasan KUAPPAS APBD Kota Tegal Tahun 2022,” ujar Anshori. (nam/zul)

Sumber: