18 Kelurahan di Kota Tegal Rawan Genangan dan Banjir Akibat Limpahan Air Sungai

18 Kelurahan di Kota Tegal Rawan Genangan dan Banjir Akibat Limpahan Air Sungai

Belasan kelurahan yang ada di Kota Tegal rawan dilanda banjir akibat limpasan air sungai maupun banjir perkotaan (genangan). Hal itu mencuat saat digelar Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Polres Tegal Kota pada Selasa (9/11). 

Dalam paparannya, Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat melalui Wakapolres Kompol Zaenal Arifin mengatakan, saat ini banjir berpotensi terjadi. 

Terlebih saat memasuki musim penghujan meskipun dengan risiko sedang. Berdasarkan pemetaan BPBD dari 27 kelurahan yang ada, 18 di antaranya rawan banjir limpahan sungai maupun rawan banjir perkotaan. 

"Karenanya, harus dilaksanakan pendekatan kolaboratif pentahelix. Yaitu kolaborasi stakeholder bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kota Tegal," katanya. 

Selain itu, kata wakapolres, kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting. Sehingga mereka mampu melakukan tindakan untuk mengurangi risiko ketika terjadi bencana. 

"FGD ini merupakan salah satu langkah bersama dalam upaya kesiapan menanggulangi dan menangani potensi. Berikut dampak yang terjadi akibat bencana di wilayah Kota Tegal,” ujarnya. 

Wakapolres menambahkan, pihaknya akan mempersiapkan betul apapun yang diperlukan. Sehingga masyarakat dapat terhindar dari bencana dan hal-hal yang tidak diinginkan. (muj/ima)

Sumber: