Enam Desa di Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

Enam Desa di Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, Ratusan Rumah Rusak

Ratusan rumah yang berada di sejumlah desa di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal mengalami kerusakan ringan hingga berat. Hal itu menyusul terjangan angin puting beliung yang melanda wilayah itu pada Jumat (22/10) sore sekitar pukul 15.00 WIB. 

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, sedikitnya ada 6 desa yang terdampak bencana itu. Di antaranya Desa Cerih, Sumbarang, Kedung Wungu, Penyalakan, Arga Tawang dan Gantungan. 

Salah satu warga, Widodo mengatakan, kejadian bermula ketika warga tengah berada di dalam rumah. Saat itu, hujan gerimis mulai turun di wilayah tersebut. 

"Tiba-tiba, angin bertiup sangat kencang disertai suara gemuruh dari arah timur ke barat," katanya. 

Menurut Widodo, angin kencang berlangsung sekitar 10 menit. Akibatnya, ratusan pohon tumbang dan rumah warga mengalami kerusakan. 

Warga lainnya, Subekhi mengatakan, saat terjadi peristiwa itu, sontak warga berlarian ke luar rumah. Mereka khawatir rumahnya roboh tertimpa angin. 

"Bahkan, ada warga yang sempat tertimpa atap, tetapi tidak mengalami luka berat," ujar Subekhi. 

Kepala Desa Cerih Ali Mashar mengungkapkan, akibat angin puting beliung itu ada ratusan rumah di desanya yang terdampak. Sebanyak 30 di antaranya mengalami kerusakan cukup berat akibat tertimpa pohon tumbang. 

"Ada juga rumah yang atapnya hilang serta sebagian dinding rumah ambrol akibat bencana itu," pungkasnya. 

Bupati Tegal Umi Azizah saat mengunjungi lokasi bencana Sabtu (23/10) siang mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Tegal menyampaikan keprihatinan atas musibah yang melanda enam desa di Kecamatan Jatinegara. Pihaknya, telah melakukan penanganan terkait peristiwa itu. 

"Saat ini masih dalam proses assesment. Karena jumlahnya cukup banyak," ujarnya. (muj/ima)

Sumber: