Meski Sudah Zona Hijau, Tim Prokes Kabupaten Tegal Tetap Melakukan Edukasi

Meski Sudah Zona Hijau, Tim Prokes Kabupaten Tegal Tetap Melakukan Edukasi

Tim gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP tetap melakukan edukasi protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat. Kali ini, tim gabungan menyasar sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal meski sudah zona hijau.

Pjs Pasi Ops Kodim 0712 Tegal Kapten Arhanud Asep Koswara mengatakan, edukasi prokes ini dilakukannya terhadap para pelajar sekolah di Kabupaten Tegal. 

Mereka diberi pemahaman tentang 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan massa. Sasaran edukasi yang dilakukan yakni di SMA Negeri 1 Pagerbarang. 

"Patroli ini juga untuk menegakkan prokes di tempat publik yang berpotensi penyebaran Covid-19,” katanya.

Dengan hadirnya petugas yang berpatroli ke sekolah-sekolah, tambah Kapten Arhanud Asep Koswara, minimal dapat mengurangi aktivitas kerumunan siswa di luar rumah dan mendisiplinkan untuk memakai masker. 

Dirinya tidak menampik, masyarakat di Kabupaten Tegal sudah banyak yang disiplin menerapkan prokes. 

"Kalau pakai masker, masyarakat sudah tertib. Tapi kalau kerumunan, terkadang masih ada. Jika kami menemukan itu, kami langsung menegurnya dan membubarkan," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, sejak Senin (18/10) lalu, Kabupaten Tegal nol kasus Covid-19. Tidak ada pasien terkonfirmasi yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri di rumah.

Dengan demikian, Kabupaten Tegal masuk zona hijau virus corona. Ini menjadi hari yang istimewa bagi Kabupaten Tegal. Sebab, untuk pertama kalinya sejak pandemi, Kabupaten Tegal dinyatakan nol kasus Covid-19. (guh/ima/zul)

Sumber: