Dinsos Brebes Mulai Pendataan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Dinsos Brebes Mulai Pendataan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Brebes mulai melakukan pendataan terhadap anak yatim piatu akibat Covid-19. 

Saat ini, pihaknya baru memiliki data keluarga yang meninggal akibat Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) yakni sebanyak 1.477 keluarga per 7 September lalu. 

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Brebes Slamet Gembira mengatakan, setelah dilakukan pendataan nanti, pihaknya akan melakukan assesment untuk kemudian nantinya akan memberikan perhatian kepada mereka. 

"Untuk saat ini memang kami baru mau melakukan pendataan. Sebab, saat ini kita baru mendapatkan data dari dinkes terkait jumlah warga yang meninggal karena Covid-19," ujarnya, Senin (14/9). 

"Sebelum turun ke lapangan, kami telah berkoordinasi dengan dinkes terkait pendataan kebenaran data warga yang meninggal Covid-19," lanjutnya. 

Slamet menjelaskan, saat ini pihaknya bersama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sudah turun ke lapangan terkait pendataan tersebut. Nantinya, TKSK itu akan berkoordinasi dengan perangkat desa terkait jumlah data anak yang orang tuanya terpapar Covid-19. 

"Kalau untuk jumlah pastinya berapa anak yatim piatu yang telah terdata saat ini kami belum ada. Yang jelas, saat ini anggota kami telah turun ke lapangan," ucapnya. 

Ditambahkannya, pendataan bagi anak yatim piatu yang orang tuanya terpapar Covid-19 itu merupakan instruksi dari Kementerian Sosial (Kemensos). Nantinya anak yatim piatu tersebut akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

"Yang jelas saat ini kita masih melakukan pendataan. Dan jika sudah terdata kita akan lakukan pendamping," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: