Kurangi Angka Pengangguran, Dewan Minta Pemkab Tegal Kembangkan BLK Komunitas

Kurangi Angka Pengangguran, Dewan Minta Pemkab Tegal Kembangkan BLK Komunitas

DPRD Kabupaten Tegal meminta Pemkab Tegal mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas guna menekan angka pengangguran. 

Hal ini dikatakan Anggota Fraksi PDI-P Kabupaten Tegal Memet Said saat rapat bersama dengan organisasi perangkat daerah.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Memet Said, Senin (6/9) mengatakan, Pemkab Tegal diminta untuk mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas. Tujuannya untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tegal. Terlebih di masa pandemi ini, banyak karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Di masa pandemi ini, BLK komunitas sangat penting bagi pelajar yang baru lulus SMA atau SMK," katanya. 

Mereka bisa belajar di BLK untuk mendapatkan skill, tambah Memet Said, sehingga bisa cepat mendapatkan pekerjaan atau memiliki usaha sendiri. 

Memiliki usaha sendiri sebenarnya lebih mampu untuk tetap bertahan dalam kondisi ekonomi sulit seperti sekarang ini. Mereka bisa berinovasi dan mengembangkan usahanya dengan melihat peluang yang ada. 

Untuk itu, pengembangan BLKK di setiap sekolah sangat diperlukan agar bisa memiliki keterampilan. Mereka bisa menciptakan pekerjaan, dan tidak mengandalkan lowongan pekerjaan. 

"Jadi, tidak bingung saat lulus. Bisa langsung berwirausaha," tambahnya. 

Dirinya tak menampik, lanjut Memet Said, di Kabupaten Tegal memang sudah ada beberapa BLK yang dibangun. Namun, hanya untuk para pelajar yang telah lulus sekolah. Jika di sekolah-sekolah lebih ditekankan keterampilan, maka mereka sudah memiliki keterampilan untuk terjun di dunia usaha. 

"Keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Makanya, di sekolah harusnya lebih banyak diajarkan tentang keterampilan," tandasnya. (guh/ima)

Sumber: