Adik yang Gangguan Jiwa Bakar Sampah, Rumah Lansia di Kabupaten Tegal Ludes Terbakar

Adik yang Gangguan Jiwa Bakar Sampah, Rumah Lansia di Kabupaten Tegal Ludes Terbakar

Rumah semi permanen milik Dami (60) warga Desa Lembahsari RT 01 RW 03 Kecamatan Jatinegara ludes terbakar. 

Penyebabnya, adik kandung Dami yang mengalami gangguan jiwa membakar sampah di antara rumah dan kandang lalu ditinggal pergi.

Kepala Desa Lembahsari Drajat SPd, Senin (6/9) mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 18.30 WIB. Saat itu, pemilik rumah sedang berada di rumah adiknya. Sehingga tidak mengetahui kalau adiknya yang mengalami gangguan jiwa membakar sampah di antara rumah dan kandang. 

"Saat kejadian pemilik rumah tidak ada di tempat, karena sedang berkunjung ke rumah adiknya," katanya.

Saksi yang melihat kejadian tersebut, Haryanto (45), tambah Drajat, melihat ada kobaran api di rumah Dami langsung mencari pemilik rumah yang ternyata berada di rumah adiknya. 

Saksi bersama warga akhirnya  langsung memadamkan api. Namun karena persediaan air saat itu tidak ada, sehingga api tidak bisa dipadamkan. Seluruh isi rumah dan kandang ludes terbakar. 

"Warga yang berusaha memadamkan api tidak bisa berbuat banyak. Karena susah mendapatkan air, kalaupun ada jaraknya jauh," tambahnya.

Akibat kejadian tersebut, lanjut Drajat, pemilik rumah mengalami kerugian mencapai Rp25 juta. Untuk sementara, pemilik rumah mengungsi di rumah saudaranya. (guh/ima)

Sumber: